STUDI KOMPERATIF PENDAPATAN BEBERAPA USAHATANI SAYUR-SAYURAN DI DESA TANJUNG DEAH KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

STUDI KOMPERATIF PENDAPATAN BEBERAPA USAHATANI SAYUR-SAYURAN DI DESA TANJUNG DEAH KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR


Pengarang

Eka Priyanti - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0305102020030

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Eka Priyanti dengan Judul Skripsi "Studi Komperatif Pendapatan Beberapa Usahatani Sayur-sayuran Di Desa Tanjung Deah Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar", dengan Pembimbing Utama Bapak Ir. Edy Marsudi, M.Si dan pembimbing Anggota lbu Agustina Arida, SP, M.Si .

Permasalahan dalam penelitian apakah terdapat perbedaan pendapatan antara usahatani bayam,usahatani kangkung, usahatani selada dan usahatani sawi. Penelitian ini dilakukan di Desa Tanjung Deah Kecamatan Darusalam Kabupaten Aceh Besar. Objek dalam penelitian ini adalah petani yang berada di Desa Tanjung Deah tersebut. Ruang lingkup dalam penelitian ini pada produksi, nilai produksi dan pendapatan petani sayur-sayuran.


Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui perbedaan pendapatan antara usahatani bayam, usahatani kangkung, usahatani selada dan usahatani sawi. Populasi penelitian ini adalah semua petani yang menyebar di desa Tanjong Deah. Untuk menentukan desa sampel digunakan teknik " Stratifild Random Sampling". Besarnya populasi dari penelitian ini yaitu 24 orang petani. Sedangkan besarnya sampel yang diambil adalah 50 % dari total populasi.



Biaya produksi yang dikeluarkan pada usahatani sawi per Ha sebesar Rp 10.486.051; usahatani selada per Ha sebesar Rp 13.683.021; usahatani bayam per Ha sebesar Rp 12.125.779 dan usahatani kangkung per Ha sebesar Rp 21.742.161. Pendapatan bersih yang diterima pada usahatani kangkung per Ha sebesar Rp 49.225.581; usahatani selada per Ha sebesar Rp 36.316.979;usahatani sawi per Ha sebesar Rp 30.423.040 dan pada usahatani bayam per Ha sebesar Rp 14.571.399. Berdasarkan perhitungan ROI usahatani sawi memperoleh pendapatan 290,13% ; usahatani selada sebesar 265,42% ; usahatani kangkung sebesar 226,41% dan usahatani bayam sebesar 120,17%.


Adapun saran yang dapat penulis berikan berdasarkan kesimpulan di atas yaitu diharapkan kepada para petani sayur-sayuran di desa Tanjung Deab Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar agar lebih memperbatikan dan mengusahakan tanaman kangkung walaupun jika dilihat dari tingkat ROI kangkung lebih kecil daripada tanaman selada. Untuk meningkatkan produksi dan produktivitas, maka diharapkan kepada para petani agar dapat menanam sayur-sayuran sesuai dengan petunjuk dan kondisi lahan yang mereka miliki sehingga jumlah yang diterima juga akan semakin besar

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK