//

ANALISIS KOMPARATIF PENDAPATAN PETANI TAMBAK UDANG SEBELUM DAN SETELAH TSUNAMI DI DESA LAMBARO KUEH KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ida Yulizar - Personal Name
SubjectAGRICULTURAL-ECONOMICS ASPECTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2012

Abstrak/Catatan

Ida Yulizar dengan judul skripsi "Analisis Komparatif Peodapatao Petani Tambak Udang Sebelum dan Setelah Tsunami di Desa Lambaro Kueh Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar", di bawah bimbingan Bapak. Dr. Ir. Indra, M.P sebagai pembimbing utama dan Ibu Dr. Ir. Ismayani, M.Si sebagai pernbimbing kedua. Terjadinya bencana gempa bumi dan tsunami di Nanggroe Aceb Darussalam temyata memberi imbas yang cukup besar bagi kehidupan petani tambak di sub-sektor perikanan. Hancumya lahan tambak yang diusahakan petani di desa Lambaro Kueh menyebabkan lahan tersebut seluruhnya tidak bisa digunakan untuk bertani tambak. lagi. A.kibatnya masyarakat yang sebelurn tsunami bekerja sebagai petani tambak tidak Iagi mengusahakan tambak udangnya dan setelah tsunami beralih ke pekerjaan lain. Adapun masalah yang terdapat pada penelitian ini apakah terjadi perbedaan pendapatan petani tambak udang sebelum dan setelah tsunami di desa Lambaro Kueh Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar. Ruang lingkup penelitian ini terbatas pada masalah pendapatan masyarakat sebelum dan setelah tsunami di Desa Lambaro Kueh Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar. Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan pendapatan petani tambak. udang sebelum dan setelah tsunami di desa Lambaro Kecarnatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar.Penelitian ini dilakuka n dengan menggunakan metode survey dengan mengambil lokasi secara Purposive Sampling (secara sengaja) yaitu berada di Desa Lambaro Kueh Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar. Objek penelitian ini adalah petani tambak yang beralih pekerjaan setelah tsunami. Pendapatan yang diperoleh sebelum tsunami adalah sebesar Rp.6.944.386,667/bulan dari usahatani tambak sedangkan pendapatan yang diperoleh setelah tsunami ke berbagai pekerjaan berbeda adalah sebesar Rp. 2.340.000/bulan. Bila dilihat dari jumlah masing-masing pendapatan maka pendapatan sebelum tsunami jauh lebih besar dari pada pendapatan setelah tsunami karena disebabkan pengaruh dari pekerjaan tenaga kerja setelah beralih pekerjaan. Hasil analisis perbandingan pendapatan setelah beralih pekerjaan antara masa sebelum tsunami dan masa setelah tsunami diperoleh nilai tea sebesar 6,813 sedangkan tsar sebesar 2,093 dengan demikian tea laser dengan taraf nyata 0,05 pada tingkat kepercayaan 95 %. Dengan demikian kaedah keputusan terima hipotesis Ha dan menolak hipotesis Ho yang berarti bahwa ada perbedaan rata• rata pendapatan sebelum dan setelah transformasi pekerjaan. Perbedaan terjadi karena tenaga kerja tidak lagi bekerja sebagai petani tambak dan telah beralih pekerjaan ke berbagai pekerjaan lainnya. Diharapkan petani lebih dapat meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan usahanya sehingga produksi dan pendapatan mereka diharapkan mampu mensejahterakan kehidupan keluarga mereka.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PERBANDINGAN PENDAPATAN USAHATANI TAMBAK UDANG WINDU SEBELUM DAN SETELAH TSUNAMI DI DESA LAM NGA KECAMATAN MASJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Cut reni Anggrainy, 2020)

ANALISIS PERBANDINGAN PENDAPATAN PETANI TAMBAK UDANG WINDU (PENAEUS MONODON) SEBELUM DAN SESUDAH TSUNAMI DI DESA LAM NGA KECAMATAN MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Wirza Dini Hera, 2020)

KAJIAN PRODUKTIVITAS DAN KEUNTUNGAN USAHA BUDIDAYA TAMBAK DI DESA LAMTEUNGOH KECAMATAN PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR PASCA TSUNAMI (Natasia Arieawan.SND, 2021)

PENERAPAN SISTEM PERTAMBAKAN SEMI-INTENSIF UDANG VANNAMEI DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PETANI UDANG DI DESA UJUNG BLANG MESJID KECAMATAN KUALA KABUPATEN BIREUEN (Aidil Akbar, 2016)

ANALISIS KOMPARATIF PENDAPATAN BUDIDAYA UDANG WINDU (PANAEUS MONODON ) DAN UDANG VANNAME (LETAPANAEUS VANNAME) DI DESA BEREUNEUT KECAMATAN SEULIMUM KABUPATEN ACEH BESAR (Helliun Havis, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy