//

ANALISIS KEBUTUHAN ZONA SELAMAT SEKOLAH (ZOSS) PADA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KOTA JUANG KABUPATEN BIREUEN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FACHRURRAZIE - Personal Name
SubjectTRAFFICWAYS
SAFETY MEASURES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Teknik Sipil
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Perkembangan teknologi di bidang transportasi dan peradaban yang menginginkan segala sesuatu serba cepat, sering menjadikan manusia, khususnya anak-anak sebagai korban kecelakaan lalu lintas. Salah satu perhatian khusus pemerintah pada anak-anak usia sekolah adalah dengan inisiatif menggulirkan program Zona Selamat Sekolah (ZoSS) yang bertujuan untuk membangun budaya keselamatan berlalu lintas. ZoSS merupakan zona untuk ruas jalan tertentu pada lingkungan sekolah dengan kecepatan yang berbasis waktu. Jalan Laksamana Malahayati Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh merupakan jalan akses pengguna jalan dari pusat kota dan sekitarnya ke pusat perkantoran dan komplek sekolah, pada jalan tersebut belum terdapat fasilitas penunjang keselamatan bagi pengguna jalan. Berdasarkan latar belakang dan permasalahan tersebut maka dilakukan penelitian untuk mengetahui ZoSS dibutuhkan di area sekitar sekolah dasar tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan cara mencatat data yang diperlukan secara langsung di lapangan. Data tersebut terdiri dari volume lalu lintas, kecepatan rata-rata harian, karakteristik perilaku penyebrang dan pengantar, dan kuisioner persepsi orang tua tentang keselamatan berlalu lintas. Hasil penelitian didapat jumlah volume kendaraan tertinggi adalah jenis kendaraan ringan sebanyak 135,50 smp/jam sedangkan kendaraan terendah adalah jenis kendaraan berat sebanyak 7,20 smp/jam. Kecepatan rata-rata kendaraan pada jalan tersebut adalah 53,80 km/jam. Tingkat pelayanan pada jalan tersebut adalah A pada pagi dan siang hari yang berarti jalan tersebut lancar tanpa hambatan, volume rendah dan kecepatan tinggi. Pada dasarnya tingkat pelayanan jalan tersebut sudah baik, kecepatan kendaraan yang tinggi menjadi permasalahan bagi pengguna jalan khususnya anak-anak pada saat menyebrang. Berdasarkan analisis dari perilaku penyebrang diperoleh Zhit = 0,275 < Ztabel = 1,645 sedangkan untuk perilaku pengantar diperoleh Zhit = -3,57 < Ztabel = 1,645 yang artinya kondisi jalan tersebut dikategorikan tidak selamat. Wawancara dengan menggunakan kuesioner menunjukkan bahwa kesulitan anak-anak pada saat menyebrang disebabkan oleh masih banyak pengantar dan penjemput siswa yang tidak disiplin dalam berlalu lintas, hal tersebut menjadi alasan sulitnya anak-anak menyebrang. Maka dapat disimpulakan bahwa Jalan Laksamana Malahayati membutuhkan Zona Selamat Sekolah. Kata kunci : Zona Selamat Sekolah (ZoSS), keselamatan lalu lintas, kecepatan, tingkat pelayanan

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMAHAMAN GURU MATA PELAJARAN PENJASORKES TENTANG PENILAIAN KURIKULUM 2013 TINGKAT SMP SE-KECAMATAN KOTA JUANG KABUPATEN BIREUEN (Syukran Hidayat, 2016)

ANALISIS BIAYA DAN KEUNTUNGAN LNDUSTRI RUMAH TANGGA KERIPIK UBI DI KECAMATAN KOTA JUANG KABUPATEN BIREUEN (Aldila Putri, 2020)

PEMAHAMAN ELIT POLITIK TERHADAP KONSENSUS KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA (STUDI PADA ELIT POLITIK DI KECAMATAN KOTA JUANG, KABUPATEN BIREUEN) (Miftahul Jannah, 2017)

PENGARUH LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSUAN PEMBELIAN GARAM DI KOTA JUANG BIREUEN (Ramziana Fitri, 2021)

ANALISIS KELAYAKAN PENGEMBANGAN INDUSTRI ANYAMAN BAMBU DI DESA BUKIT TEUKUH KECAMATAN KOTA JUANG KABUPATEN BIREUEN (Yusmariza Hayati, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy