KONTRIUSI USAHA TANI KEDELAI TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA PETANI DI KECAMATAN PEUDADA KABUPATEN BIREUEN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

KONTRIUSI USAHA TANI KEDELAI TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA PETANI DI KECAMATAN PEUDADA KABUPATEN BIREUEN


Pengarang

Fitriani Rizki - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0405102010074

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Agribisnis (S1) / PDDIKTI : 54201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Fitriani Rizki "Kontribusi Usahatani Kedelai Terhadap Pendapatan Keluarga Petaoi di Kecamatan Peudada Kabupaten Bireuen", di bawah bimbingan Bapak Ir. lrwan A. Kadir, M.P selaku pembimbing utama dan Bapak Ir.
Azhar A. Gani, M.Sc selaku pembimbing kedua Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besamya kontribusi dari usahatani kedelai terhadap pendapatan keluarga petani.


Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Peudada Kabupaten Bireuen, dengan pertimbangan bahwa daerah tersebut mempunyai usahatani kedelai yang produktif dan merupakan daerah sentra produksi kedelai. Objek dari penelitian ini adalah petani padi sawah yang juga melakukan penanaman kedelai sebagai tanaman pergiliran (rotasi). Ruang Jingkup penelitian ini terbatas pada masalah pendapatan keluarga petani dari usahatani kedelai dan kontribusinya terhadap pendapatan keluarga petani. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode Simple Random Sampling.


Kontribusi pendapatan keluarga petani terbesar adalah usahatani kedelai, kemudian diikuti dengan usahatani padi sawah, berdagang, bertukang dan berternak. Dengan demikian berarti bahwa pendapatan usahatani kedelai memberikan kontribusi yang besar terhadap pendapatan keluarga petani. Untuk meningkatkan produksi kedelai di daerah penelitian, maka petani perlu memperhatikan penggunaan dari faktor-faktor produksi yang sesuai sehingga dapat mengurangi pengeluaran biaya produksi dan tujuan akhir dari proses produksi yaitu meningkatkan pendapatan petani pun dapat tercapai.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK