//

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI DAN PERDAGANGAN BIJI KOPI BERAS ARABIKA KABUPATEN BENER MERIAH KE KOTA MEDAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Emmia Tambarta Kembaren - Personal Name

Abstrak/Catatan

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang berpengarub terhadap volume perdagangan antar daerah kopi arabika di Kabupaten Bener Meriah ke Medan periode tahun 1996-2011. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik Banda Aceh, Badan Pusat Statistik Bener Meriah, dan Organisasi AEKI, Dinas Perkebunan dan lembaga perdagangan antar daerah. Metode 2SLS (Two Stage Least Squares) digunakan untuk menganalisis model model persamaan simultan dari penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Variabel luas lahan tanaman kopi arabika menghasilkan, luas lahan tanaman kopi arabika rusak, dan jumJah petani kopi arabika memiliki pengaruh yang significan secara serempak terhadap perkembangan produksi biji kopi. Secara parsial hanya jumlah petani yang memberi pengaruh yang signifikan sedangkan luas lahan tanaman menghasilkan dan luas lahan tanaman rusak. memberi pengaruh yang tidak signifikan. Variabel produksi, harga biji kopi arabika di Medan, harga biji kopi arabika lokal, dan permintaan biji kopi arabika lokal berpengaruh nyata secara serempak terhadap perkembangan produksi biji kopi arabika di Kabupaten Bener Meriah. Produksi dan permintaan lokal biji kopi arabika berpengarub secara Signifikan, sedangkan Harga biji kopi arabika lokal di Kabupaten Bener Meriah dan harga biji kopi arabika di kota Medan, pengaruhnya bersifat tidak signifikan. Kata kunci : Produksi, Perdagangan, Harga. Dan Permintaan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI DAN HARGA KOPI ARABIKA TERHADAP DAYA SAING DI KABUPATEN ACEH TENGAH (Satria Yusiska, 2019)

ANALISIS PENDAPATAN DAN EFISIENSI PEMASARAN BIJI KOPI (GREEN BEAN) ARABIKA DI KABUPATEN BENER MERIAH (Vinia Caesara, 2017)

ANALISA KELAYAKAN INDUSTRI PENGOLAHAN KOPI ARABIKA GAYO DENGAN PENDEKATAN EKONOMI TEKNIK DI KABUPATEN BENER MERIAH (Mirza Saputra, 2017)

ANALISIS FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL PEMBIBITAN KOPI ARABIKA DI KEBUN PERCOBAAN GAYO DI DESA PONDOK GAJAH KECAMATAN BANDAR KABUPATEN BENER MERIAH (KHUMAIDI AFRIANSYAH, 2020)

ANALISIS NILAI TAMBAH PROSES PENGOLAHAN KOPI ARABIKA GAYO ACEH (STUDI KASUS PADA KOPERASI KBQ BABURRAYAN DAN KOPERASI PERMATA GAYO) (Taufiqurrahman, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy