//

PERKEMBANGAN ANGKATAN KERJA DI KOTA BANDA ACEH,2003-2009

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Masrurah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata kunci: perkembangan, angkatan kerja Penelitian yang berjudul "Perkembangan Angkatan Kerja Di Kota Banda Aceh, 2003-2009" ini mengangkat masalah bagaimana gambaran angkatan kerja dan sektor-sektor kerja yang ada di kota Banda Aceh tahun 2003-2009. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan angkatan kerja yang bekerja dan dimana saja mereka ditempatkan.Penelitian ini merupakan penelitian historis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan mengumpulkan sumber-sumber yang berkaitan dengan penelitian ini. Sumber yang digunakan dalam penelitian ini berupa sumber primer dan sumber sekunder. Sumber primer yang digunakan dalam penelitian ini didapat dari Dinas Tenaga Kerja kota Banda Aceh dan Badan Pusat Statistik kota Banda Aceh berupa laporan tahunan tentang ketenagakerjaan sedangkan dari Badan Pusat Statistik berupa laporan Banda Aceh dalam Angka. Sumber sekunder dalam penelitian ini berupa buku yang ditulis oleh Badan Pusat Statistik kota Banda Aceh. Teknik analisa data penelitian ini adalah analisis dokumen. Analisis dokumen yaitu suatu analisis untuk mengungkapkan informasi yang berguna di bidangnya masing- masing. Berdasarkan pengumpulan data maka dapat disimpulkan adanya perbedaan jumlah angkatan kerja dari tahun 2003-2009. Angkatan kerja pada 2003-2004 jumlahnya sama terbagi dalam beberapa kategori. Angkatan kerja yang terdaftar menurut pendidikan jumlahnya 4.387 orang. Angkatan kerja yang belum ditempatkan menurut pendidikan jumlahnya 17 .170 orang. Penyebab jumlah angkatan kerja tersebut sama karena pada tahun tersebut Dinas Tenaga Kerja belum dapat memprediksikan berapa jumlah angkatan kerja. Tahun 2005 angkatan kerja yang bekerja mulai terdata dengan angka seiring dengan masuknya sistem ketenagakerjaan yang dibantu ILO bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja kota Banda Aceh melakukan pendataan dan prediksi. Dari pencari kerja yang terdaftar berhasil ditempatkan karena berbagai NGO, LSM bahkan BRR menerima tenaga kerja di sektor kontruksi. Pada tahun 2006-2008 angkatan kerja semakin bertambah dengan tingkat pertambahannya yaitu 18959 orang, sementara akhir 2009 penempatan angkatan kerja tidak seimbang dengan pertumbuhan angkatan kerja. Bahkan pada saat NGO tidak ada lagi kemudian BRR juga sudah berakhir angka pengangguran semakin meningkat.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERKEMBANGAN ANGKATAN KERJA DI KOTA BANDA ACEH, 2003-2009 (Cut Maya Maisarah, 2020)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RNTINGKAT PENGANGGURAN DI ACEHRNANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENGANGGURAN DI ACEH (Fatimah, 2015)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESEMPATAN KERJA SEKTOR INFORMAL DI KOTA BANDA ACEH (M.RISYAD, 2020)

PENGANGGURAN PERKOTAAN DI INDONESIA (FATIMAH ZUHRA, 2020)

PENGARUH KUALITAS JALAN DAN ANGKATAN KERJA TERHADAP PEREKONOMIAN REGIONAL DI ACEH. (Aristryani, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy