//

ANALISIS STRATIFIKASI VERTIKAL DAN PAKAN BURUNG ARDEIDAE DI EKOSISTEM PESISIR PANTAI KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Farza Safirda - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Safirda, Farza. 2020. Analisis Stratifikasi Vertikal dan Pakan Burung Ardeidae di Ekosistem Pesisir Pantai di Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Abdullah, M. Si., (2) Dr. Muhibbuddin, M. S. Kata Kunci: Stratifikasi, Vertikal, Pakan, Ardeidae, Ekosistem Pesisir. Ekosistem Pesisir Pantai Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat memiliki keanekaragaman jenis burung Famili Ardeidae. Penelitian Stratifikasi Vertikal dan Pakan Burung Ardeidae di Ekosistem Pesisir Pantai di Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat telah dilaksanakan sejak Februari 2020 hingga Juli 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui stratifikasi vertikal dan pakan burung Ardeidae serta mengetahui frekuensi kehadiran burung di Ekosistem Pesisir Pantai di Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik sampling line transek. Lokasi penelitian terdiri dari tiga stasiun, masing-masing stasiun terdiri dari tiga plot. Data yang diperoleh digunakan untuk mengetahui stratifikasi vertikal dan pakan dan dianalisis secara deskriptif. Untuk data frekuensi kehadiran per-hari dan per-area di dianalisis dengan menggunakan rumus frekuensi kehadiran. Hasil penelitian diperoleh 5 spesies yaitu Cangak abu (Ardea cinerea L.), Blekok sawah (Ardeola speciosa H.), Kuntul kerbau (Bubulcus ibis L.), Kuntul besar (Egretta alba L.) dan Kuntul kecil (Egretta garzetta L.) dengan stratifikasi vertikal berada pada rentang ketinggian 0 m, 0-5 m dan 5-10 m. Pakan famili Ardeidae berupa ikan-ikan kecil, serangga air, belalang, lalat, ulat, kepiting, dan kodok atau katak. Nilai frekuensi kehadiran dari spesies Famili Ardeidae di kawasan tersebut Cangak abu, kuntul besar dan kuntul kecil termasuk konstan, Blekok sawah termasuk assesori atau jarang dan frekuensi kehadiran kuntul kerbau asbolut. Kesimpulan penelitian ini adalah stratifikasi vertikal burung Ardeidae di kawasan ini paling dominan terdapat di lantai hutan, pakan dari burung ini adalah hewan yang berada di lantai hutan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SOSIALISASI IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB) PADA MASYARAKAT DI KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT (Feby Syafitri, 2017)

STRATIFIKASI HABITAT DAN KEANEKARAGAMAN BURUNG DI EKOSISTEM SPESIFIK RAWA GAMBUT TRIPA GAMPONG BABAH LUENG, TRIPA MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA (M AMIN, 2017)

RUMAH SAKIT UMUM JOHAN PAHLAWAN MEULABOH (Yuliana Rachim, 2016)

TINGKAT PELAKSANAAN FUNGSI PANGKALAN PENDARATAN IKAN (PPI) UJONG BAROH KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT (Cici Dianita, 2017)

HAMBATAN GURU PENDIDIKAN JASMANI DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR PENCAK SILAT PADA SMP NEGERI SE-KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT (MUSLIM, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy