//

ANALISIS KONTRIBUSI USAHATANI KEMMRI TERHADAP PENDAPATAN PETANI DI DESA IE SUUM KECAMATAN MASJID RAYA KABUPATEN ACER BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ardiansyah - Personal Name
SubjectINCOME
AGRICULTURE-ECONOMIC ASPECTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2012

Abstrak/Catatan

Ardiansyah dengan judul skripsi " Analisis Kontribusi Usabatani Kemiri Terhadap Pendapatan Petani Di Desa le Suum Kecamatan Masjid Raya Kabupaten Aceh Besar". Di bawah bimbingan Bapak Dr. Ir. Mustafa Usman, M.S selaku pembimbing utama dan Bapak Dr. Ir. Fajri Jakfar, M.Sc selaku pembimbing anggota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pendapatao dari usahatani kerniri yang diterima petani dan untuk mengetahui berapa besar kontribusi dari usahatani kemiri terhadap pendapatan petani di Desa le Suum Kecamatan Masjid Raya Kabupaten Aceh Besar Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi peneliti sendiri dalam upaya menyelesaikan studi pada Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala, berguna bagi pengembangan pengetahuan di bidang Agribisnis dan juga sebagai bahan pertimbangan dan masukan bagi perumusan kebijakan pengembangan usahatani oleh semua pihak yang terlibat. Penelitian ini dilakukan di desa le Suum Kecamatao Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar menggunakan metode survey. Penentuan petani sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan metode sampel acak sederhana (Simple Random Sampling). Dalam penelitian ini penulis melakukan pengumpulan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui pengamatan dan wawancara langsung di lapangan terhadap petani sampel sebanyak 32 orang dengan mengisi daftar pertaoyaan (Questioner List) yang telah disiapkan sebelwnnya. Data sekunder diperoleh dari beberapa studi kepustakaan, dan instansi-instansi pemerintah dan dari yang terkait dengan penelitian ini. Model analisis yang digunakan adalah formula yang diturunkan berdasarkan analisis pendapatan dan kontribusi. Selain pendapatan dari Kemiri, petani juga memperoleh pendapatan dari usahatani non Kemiri, seperti usahatani kelapa, pinang, kunyit, cabe, clan temak. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa usahatani Kemiri di desa le Suum Kecamatan Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar dapat menambah pendapatan bagi petani. Konstribusi yang diberikan oleh usahatani Kemiri sebesar Rp 7.711.003,91 atau menyumbang 59,11 persen, Sedangkan untuk usahatani kelapa (3,03%), usahatani pinang (2,21 %), usahatani kunyit (25,57%), usahatani cabe (8,99%), dan ternak: (1,08%). Berdasarkan kreteria yang yang dikemukakan oleh Widodo (2001) dalam Luhukay (2009), maka besarnya kontribusi dari usahatani kemiri di Desa le Suum dikategorikan tinggi, yaitu sebesar 59,11 persen. Namun, usahatani kemiri di Desa le Suum belum dilakukan secara baik, begitu juga dengan usahatani lainnya belum diusahakan dengan baik, sehingga hasilnya belum maksimal. Diharapkan kepada petani di Desa le Suum Kecamatan Masjid Raya Kabupaten Aceh Besar, dapat mengusahakan usahataninya lebih intensif, dengan melakukan pemupukan maupun perawatan lainnya, serta meningkatkan produksi baik melalui usaha intensifikasi dan ektensifikasi, karena usahatani Kemiri dapat memberikan kontribusi lebih besar. Kata Kunci: Kemiri, Pendapatan, Kontribusi

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PENDAPATAN DAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHATANI KEMIRI (ALEURITES MOLUCCANA) DI DESA IE SUUM KECAMATAN MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR (HIKMAH WAHYUNI, 2020)

KONTRIBUSI USAHATANI KAKAO TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN RUMAH TANGGA DI DESA REULEUT KECAMATAN ULIM KABUPATEN PIDIE JAYA (ERNI LISTIA, 2016)

ANALISIS KONTRIBUSI KEUNTUNGAN USAHATANI KUNYIT (CURCUMA DOMESTICA VAL.) TERHADAP PENDAPATAN PETANI DI DESA IE SEUUM KECAMATAN MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Yenny Fita, 2021)

ANALISIS KONTRIBUSI USAHATANI KAKAO TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN RUMAH TANGGA PETANI DI DESA ULEE GUNONG KECAMATAN TANGSE KABUPATEN PIDIE (Irwan Shahendra, 2020)

ANALISIS KONTRIBUSI USAHATANI PADI SAWAH DAN USAHATANI NILAM TERHADAP PENDAPATAN PETANI DI KECAMATAN KLUET SELATAN KABUPATEN ACEH SELATAN (Effendi, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy