//

KEMAMPUAN SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 TAKENGON MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DALAM TEKS EDITORIAL

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RAHMIDA - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2020

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Rahmida. 2020. Kemampuan Siswa SMA Negeri 1 Takengon Mengidentifikasi Informasi dalam Teks Editorial. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Mukhlis, M.Hum. (2) Muhammad Iqbal, S.Pd., S.H., M.Hum. Kata kunci: kemampuan siswa, mengidentifikasi informasi, teks editorial. Penelitian ini berjudul ―Kemampuan Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Takengon Mengidentifikasi Informasi dalam Teks Editorial‖. Masalah dalam penelitian ini meliputi beberapa aspek yaitu (a) bagaimakah kemampuan siswa kelas XII SMA Negeri 1 Takengon mengidentifikasi pendapat dalam teks editorial?, (b) bagaimakah kemampuan siswa kelas XII SMA Negeri 1 Takengon mengidentifikasi alternatif solusi dalam teks editorial?, (c) bagaimakah kemampuan siswa kelas XII SMA Negeri 1 Takengon mengidentifikasi simpulan dalam teks editorial. Tujuan penelitian ini adalah (a) untuk mengetahui kemampuan siswa kelas XII SMA Negeri 1 Takengon mengidentifikasi pendapat dalam teks editorial, (b) untuk mengetahui kemampuan siswa kelas XII SMA Negeri 1 Takengon mengidentifikasi alternatif solusi dalam teks editorial, (c) untuk mengetahui kemampuan siswa kelas XII SMA Negeri 1 Takengon mengidentifikasi simpulan dalam teks editorial. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Negeri 1 Takengon dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA-3 SMA Negeri 1 Takengon sebanyak 30 orang. Data penelitian ini dikumpulkan melalui teknik tes hasil belajar. Penganalisisan data menggunakan teknik kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan mengidentifikasi informasi dalam teks editorial siswa kelas XII SMA Negeri 1 Takengon mendapatkan nilai 68 dan termasuk kategori cukup. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa dilihat dari berbagai aspek (1) mengidentifikasi pendapat mendapatkan nilai 68, (2) mengidentifikasi alternatif solusi mendapatkan nilai 74, (3) mengidentifikasi simpulan medapatkan nilai 74. Apabila dikaitkan dengan nilai KKM yang berlaku di SMA Negeri 1 Takengon, nilai tersebut termasuk dalam katagori tidak tuntas karena nilai KKM untuk pelajaran Bahasa Indonesia di SMA tersebut dapat dikatakan tuntas apabila mencapai nilai 80. Simpulan penelitian ini adalah kemampuan SMA Negeri 1 takengon mengidentifikasi informasi dalam teks editorial sudah dalam kategori cukup.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN SISWA KELAS XII SMA NEGERI 2 LHOKSEUMAWE MENULIS TEKS EDITORIAL (Iklima, 2021)

KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 RUNDENG MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR TEKS NARASI (Maya Sari, 2019)

KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANDA ACEH MENGIDENTIFIKASI UNSUR KEBAHASAAN TEKS BIOGRAFI (Lisa Yasina, 2016)

KEMAMPUAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 TAKENGON MENGEMBANGKAN TEKS PROSEDUR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR/FOTO (MASWITA HAYATI, 2018)

KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH MENGIDENTIFIKASI KALIMAT IMPERATIF DALAM TEKS PROSEDUR (Novita Ramadhani, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy