//

PERANAN AGROINDUSTRI TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA DAN JUMLAH PENDAPATAN MASYARAKAT DI SAREE KECAMATAN LEMBAB SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Liza Rizkia - Personal Name

Abstrak/Catatan

Liza Rizkia dengan juduJ skripsi "Peranan Agroindustri Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja dan Peningkatan Pendapatan di Saree Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar", dengan pembimbing utama Bapak Dr. Ir. Azhar Muslim, M.S, dan pembimbing kedua Thu Agustina Arida, SP. M.Si Adapun pennasalah yang terdapat dalam penelitian ini adalah bagaimana perkembangan penyerapan tenaga kerja dan pendapatan masyarakat dengan adanya agroindustri dan apakah agroindustri berpengaruh terhadap penyerapan tenaga kerja dan pendapatan masyarakat di Desa Saree Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Lembah Seulawah Saree Aceh Besar. Penentuan lokasi sampel dilakukan berdasarkan pertimbangan bahan menempuh pusat pengembangan Agroindustri di Desa Saree Aceh Besar. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk melihat perkembangan penyerapan tenaga kerja dan pendapatan masyarakat dengan adanya agroindustri di Desa Saree Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh besar dan untuk menganalisis peranan Agroindustri terhadap penyerapan tenaga kerja dan pendapatan masyarakat di Desa Saree Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa data rangkaian masa (time series) dari tahun 2001-2006.Perkembangan unit usaha agroindustri di Saree Kecamatan Lembah SeuJawah Kabupaten Aceb Besar Tahun 2001 - 2006 mencapai 14,57 % per tahunnya, tingkat pertumbuhan tenaga kerja di mencapai 21, 77% per tahunnya dan tingkat pertumbuhan pendapatan masyarakat yaitu mencapai 22,84% per tahunnya Terjadi peningkatan dimana pada tahun 2012 atau tahun ke 5 jumlah agroindustri mencapai 13.387 unit, tenaga kerja yang terserap pada agroindustri sebesar 3 7. 988 orang dan besarnya pendapatan masyarakat Rp.1.193.664.954 per tahun. Untuk menjaga dan meningkatkan perkembangan agroindustri di Saree Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar untuk masa-masa mendatang cliharapkan peranan Pemerintah Daerah dalam hal kebijakan yang lebih memihak industri kecil sehingga perekonomian Saree Kecamatan Lembab Seulawah Kabupaten Aceh Besar lebih meningkat dengan adanya industri kecil. Dengan terjadinya peningkatan agroindustri Saree Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar tentu telah membuka lapangan kerja baru, oleh karena itu dalam perekrutan tenaga kerja, diharapkan kepada para pemilik usaha, agar mampu merekrut tenaga kerja yang mempunyai sill lebih tinggi diatas rata-rata sehingga kualitas dan kuantitas produk yang dihasilkan akan lebih meningkat.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PERBANDINGAN PENDAPATAN USAHA TANI CABAI MERAH DENGAN SISTEM INTENSIF DAN DENGAN SISTEM SEMI INTENSIF DI KEMUKIMAN SAREE KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (Zulhelmi, 2021)

PENGARUH MODAL DAN TENAGA KERJA TERHADAP PENDAPATAN USAHATANI PEPAYA DI DESA TELADAN KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (Rama Merinasari, 2020)

PROSPEK PENGEMBANGAN PISANG BARANGAN DI KEMUKIMAN SAREE KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (Rahmi Nurdin, 2021)

ANALISIS NILAI TAMBAH TERHADAP PRODUK OLAHAN UBI KAYU DI KECAMATAN LEMBAH SELAWAH KABUPATEN ACEH BESARRN (STUDI KASUS PADA AGROINDUSTRI “KEMBANG TANJONG”) (Azwar, 2015)

PENGARUH UPAH, MODAL, BAHAN BAKU DAN TENAGA KERJA TERHADAP PRODUKSI INDUSTRI KERIPIK DI DESA SAREE LEMBAH SEULAWAH ACEH BESAR (AFRIANSYAH, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy