//

FREKUENSI APLIKASI EKSTRAK RIMPANG KENCUR (KAEMPFERIA GALANGA L.) UNTUK MENGENDALIKAN HAMA ULAT GRAYAK (SPODOPTERA LITURA F.) PADA TANAMAN SAWI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Musliadi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan frekuensi aplikasi yang efektif dari ekstrak rimpang kencur untuk mengendalikan hama ulat grayak (S. litura) pada tanaman sawi. Penelitian ini telah dilakukan di Laboratorium Hama Tumbuhan dan Kebun Percobaan Fakultas Pertani an Universitas Syiah Kuala Darussalam-Banda Aceh, yang berlangsung sejak bulan Agustus sampai dengan bulan November 2008.Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan acak lengkap (RAL) non faktorial yang terdiri dari 5 perlakuan yaitu A, B, C(3x, 2x, 1x aplikasi ekstrak rimpang kencur), D (1x aplikasi insektisida sipermetrin) dan E (kontrol) setiap perlakuan terdapat 4 ulangan. Masing-masing perlakuan terdiri dari 5 tanaman sawi dan 3 larva uji S. litura instar II. Peubah yang diamati adalahjumlah imago yang muncul, intensitas serangan, produksi total dan produksi layak pasar tanaman sawi. Seluruh data hasil pengamatan dihitung dengan menggunakan analisis ragam dan bila terdapat perbedaan yang nyata dilanjutkan dengan uji Duncan New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf 0,05.Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi ekstrak rimpang kencur pada frekuensi (Ix, 2x dan 3x aplikasi) berpengaruh nyata pada tiap peubah yang diamati. Pengaruhnya yaitu menyebabkan jumlah imago menjadi berkurang bahkan tidak muncul, intensitas serangan semakin rendah, produksi total dan produksi layak pasar tanaman sawi menjadi lebih baik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UJI KONSENTRASI EKSTRAK KULIT BUAH JENGKOL TERHADAP ULAT GRAYAK SPODOPTERA LITURA F. DI LABORATORIUM (Azlansah, 2017)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK BABADOTAN (AGERATUM CONYZOIDES) TERHADAP MORTALITAS ULAT GRAYAK SPODOPTERA LITURA PADA TANAMAN KUBIS BUNGA (BRASSICA OLERACEAE VAR. BOTRYTIS L.) (Mahdalena.mh, 2016)

KONSENTRASI HAMBAT MINIMUM DAN BUNUH MINIMUM EKSTRAK ETANOL RIMPANG KENCUR (KAEMPFERIA GALANGA L.) TERHADAP PERTUMBUHAN CANDIDA ALBICANS (ATHIA FAHRANI, 2018)

UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL RIMPANG KENCUR (KAEMPFERIA GALANGA L) TERHADAP ISOLAT KLINIS KLEBSIELLA PNEUMONIAE PENGHASIL ESBL SECARA IN VITRO (FITRA HAYATI, 2017)

DAYA HAMBAT EKSTRAK RIMPANG KENCUR (KAEMPFERIA GALANGA L.)TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI ESCHERICHIA COLI (Melly Hafizha, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy