//

PERSEPSI MAHASISWA ASAL PAPUA TERHADAP KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT ACEH (STUDI KASUS ETIKA MASYARAKAT DI ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yosimin Yikwa - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Yikwa, Yosimin. 2020. Persepsi Mahasiswa Asal Papua Terhadap Kearifan Lokal Masyarakat Aceh (Studi Kasus Etika Masyarakat Di Aceh). Skripsi, Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala, Pembimbing: 1) Drs. M. Nasir Basyah, M.Si. 2) Maimun, S.Pd., MA. Kata Kunci: Kearifan Lokal, Etika Pergaulan, Masyarakat Aceh Penelitian ini adalah tentang “Persepsi Mahasiswa Asal Papua Terhadap Kearifan Lokal Masyarakat Aceh (Studi Kasus Etika Masyarakat Di Aceh)”. Peneliti mencoba untuk mendeskripsikan tentang (1) kearifan lokal masyarakat Aceh terkait etika pergaulan, dan (2) persepsi mahasiswa asal Papua terhadap kearifan lokal masyarakat Aceh terkait pergaulan. Adapun penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kearifan lokal masyarakat Aceh terkait etika pergaulan, dan (2) mengetahui persepsi mahasiswa asal Papua terhadap kearifan lokal masyarakat Aceh terkait pergaulan. Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, sedangkan instrumen pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Informan dalam penelitian ini berjumlah 12 (dua belas) orang. Temuan pada hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Etika masyarakat Aceh terkait dengan pergaulan sesuai dengan nilai-nilai ajaran islam dan (2) Persepsi mahasiswa terhadap masyarakat Aceh sangat positif karena mereka merasa dihargai sebagai tamu. Simpulan penelitian ini adalah (1) Kearifan lokal masyarakat Aceh terkait etika pergaulan sangatlah erat hubungannya dengan nilai-nilai keislamannya, dan (2) Persepsi mahasiswa asal Papua terhadap kearifan lokal masyarakat Aceh terkait pergaulan sudah baik dirasakan oleh mereka. Saran: (1) Kepada pemerintah Aceh diharapkan agar dapat selalu menerima mahasiswa Papua yang kuliah di Aceh sebagai tamu dan (2) Kepada mahasiswa Papua diharapkan dapat menghormati nilai- nilai dan norma-norma yang berkembang dalam kehidupan masyarakat Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGELOLAAN HUTAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL DAN PENGEMBANGAN HUTAN DESA DI MUKIM LUTUENG KECAMATAN MANE, KABUPATEN PIDIE, PROVINSI ACEH (Ainul Mardhiah, 2016)

PROSES ADAPTASI MAHASISWA AFIRMASI PAPUA DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Sutrisno, 2021)

IDENTITAS BUDAYA MAHASISWA ASAL PAPUA DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (STUDI KOMUNIKASI ANTARBUDAYA) (Nurrahmad Siddiq, 2016)

PENGELOLAAN SUMBERDAYA PESISIR DAN LAUT MELALUI KEARIFAN LOKAL DI MUKIM MANE KECAMATAN MUARA BATU KABUPATEN ACEH UTARA (Adli Waliul Perdana, 2016)

INTERAKSI SOSIAL MAHASISWA ASAL PAPUA YANG MENGIKUTI PROGRAM AFIRMASI DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Rahmadi Pribadi Muclis, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy