//

KETUNTASAN BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI GAYA MAGNET DI KELAS V SDN 69 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang HIDA HAYATURAHMI - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
LEARNING - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Kata Kunci: Kooperatif tipe STAD, gaya magnet, Ketuntasan Belajar Materi gaya magnet merupakan salah satu materi yang diajarkan di sekolah dasar. Kenyataan di lapangan bahwa masih ada siswa kesulitan membedakan benda yang dapat ditarik gaya magnet dengan yang tidak dapat ditarik gaya magnet. Akibat dari kesulitan siswa tersebut, hasil belajar siswa menjadi rendah dan tidak mencapai nilai KKM yang ditetapkan oleh pihak sekolah. Dari masalah ini penulis menggunakan model pembelajaran yang dapat membantu guru mengatasi masalah yang dialami siswa. Berdasarkan kesulitan siswa tersebut, penulis mengadakan penelitian yang berjudul “Ketuntasan Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Materi Gaya Magnet Di Kelas V SDN 69 Banda Aceh”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ketuntasan belajar siswa dapat tercapai melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi gaya magnet di kelas V SDN 69 Banda Aceh?”. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperati tipe STAD pada materi gaya magnet di kelas V SDN 69 Banda Aceh. Pendekatan penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitian bersifat eksperimen semu. Sampel dari penelitian ini siswa kelas V berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes yang berbentuk pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan statistik uji-t, pada taraf signifikan ª = 0,05. Dari analisis data, diperoleh 棍 萍ɂoneh>棍o频贫乒评 = 6,73 > 1,71. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis, tolak 寡泼. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat mencapai ketuntasan belajar siswa pada materi gaya magnet di kelas V SDN 69 Banda Aceh dapat diterima”.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM TERHADAP KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SDN 16 BANDA ACEH (Maidar, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GAYA DI KELAS IV SDN 62 BANDA ACEH (, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GAYA MAGNET DIKELAS V SD NEGERI 6 BANDA ACEH (Daniwati, 2013)

PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VRNSD NEGERI 2 PEUKAN BADA (MAILA PUSPITA SARI, 2015)

PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI GAYA MAGNET DI KELAS V SDN 33 BANDA ACEH (Fatimah Wati, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy