//

ANALISIS PENGGUNAAN FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI INDUSTRI BATU BATA DI ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mirdha Fuadi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap produksi industri batu bata di Aceh Besar. Penelitian dilakukan pada awal tahun 2013, yaitu di Kecamatan Darussalam, Kecamatan Baitussalam, Kecamatan Krueng Barona Jaya, dan Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar. Data penelitian digunakan data primer yang dihimpun dengan menggunakan daftar pertanyaan (koesioner). Selain itu, juga dimanfaatkan data sekunder berupa data dari Dinas Perindustrian Perdagangan dan Usaha Kecil Menengah Aceh Besar. Responden terdiri dari 41 pelaku usaha yang ditentukan secara purposif dan proporsional dari 4 kecamatan sampel. Hasil penelitian dengan menggunakan model fungsi produksi Cobb-Douglas menunjukkan bahwa tenaga kerja, bahan baku dan modaJ berpengaruh positif dan signifikan lerhadap produk.si batu bata. Selanjutnya, 78,3 persen proporsi perubahan daJam produksi dapat dijelaskan oleh variabel tenaga kerja, variabel bahan baku dan variabel modal, sisanya 20.7 persen dijelaskan oleh variabel di luar model. Skala hasil pada produksi usaha batu bata adalah 1,196. Ini menjelaskan bahwa proporsi penambahan faktor produksi akan menghasilkan tambahan produksi dengan proporsi yang lebih besar dari penambahan input atau increasing returns to scale. Dengan hasil ini kondisi usaha di daerah penelitian layak untuk dikembangkan atau dilanjutkan. Kata Kunci :Industri Batu Bata, Produksi dan Increasing Returns to Scale.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KEBUTUHAN KAYU BAKAR PADA INDUSTRI BATU BATA DI KECAMATAN DARUSSALAM (Adi Darma, 2021)

ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL DAN MUTU PADA INDUSTRI BATU BATA MERAH DI KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Risan Nafizar, 2016)

PENGARUH PENDIDIKAN, UMUR DAN CURAHAN JAM KERJA IBU RUMAH TANGGA TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA (STUDI KASUS: IBU RUMAH TANGGA YANG BEKERJA DI INDUSTRI BATU BATA DI DESA KAJHU KECAMATAN BAITUSSALAM) (Maya Thasya, 2016)

ANALISIS KONTRIBUSI PENDAPATAN PENGRAJIN WANITA PADA INDUSTRI BATU BATA DI KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA (Darwina, 2020)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI PADA PEKERJA INDUSTRI BATU BATA DUSUN LAMSEUSONG KABUPATEN ACEH BESAR TAHUN 2015 (TEUKU SULTAN ALAUDDINSYAH, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy