Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANBLENDED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING DI SMA NEGERI 2 MEULABOH
Pengarang
Rifa Astrinaya - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1606101030029
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Ekonomi (S1) / PDDIKTI : 87203
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Astrinaya, Rifa. 2020. Efektivitas Penerapan Model PembelajaranBlended
Learning Dengan Menggunakan Media Pembelajaran E-Learning
diSMA Negeri 2 Meulaboh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala.
(1) Nana Suraiya, S.Pd., M.Pd (2) Alfi Syahril Fuadi Jaya, S.Pd., M.Si
Kata Kunci: Keefektifan, Model Pembelajaran Blended Learning, Media
Pembelajaran E-Learning.
Berdasakan observasi awal di SMA Negeri 2 Meulaboh menunjukkan bahwa
guru Ekonomi dalam proses pembelajaran cenderung menggunakan model
pembelajaran ceramah tanpa memanfaatkan media pembelajaran yang telah
tersedia dan teknologi sesuai zaman masa kini. Penelitian ini dilakukan dengan
tujuan untuk mengetahui tingkat keefektifan penerapan model pembelajaran
blended learning dengan menggunakan media pembelajaran E-learning,
peningkatan hasil belajar siswa serta respon siswa terhadap penerapan model
pembelajaran blended learning dan media pembelajaran E-learning di SMA
Negeri 2 Meulaboh pada materi Permasalahan Ketenagakerjaan Dalam
Pembangunan Ekonomi dan Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi Serta
Permasalahan dan Cara Mengatasinya. Penelitian ini dilakukan dengan
menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 IIS berjumlah 45 orang. Data
diperoleh dari penerapan langsung model pembelajaran blended learning dan
media pembelajaran E-learning di dalam kelas dan melalui angket yang
diberikan kepada siswa kelas eksperimen. Hasil penelitian yang diperoleh adalah
sebagai berikut: Berdasarka perhitungan, diperoleh hasil untuk Z
hitung
adalah
6,57. Ternyata didalam tabel nilai Z
tabel
dari d.b = 43 pada taraf signifikan 5%
(0,05) diperoleh nilai Z
tabel
sebesar 2,017, dari hasil penelitian diperoleh
Z
hitung
lebih besar dari Z
tabel
(6,57 > 2,017), maka H
o
ditolak, artinya terdapat
hubungan yang positif dan signifikan antara hasil belajar siswa yang dikelas
eksperimen adalah 90,56 dan hasil belajar siswa kelas kontrol adalah 74,93.
Sehingga penerapan model pembelajaran blended learning dengan media
pembelajaran E-learning memberikan konribusi sebesar >76% yang berarti
efektif penerapannya di SMA Negeri 2 Meulaboh.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS GEOGRAFI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 BANDA ACEH (Siti Ardila Rigusti, 2014)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI KELAS XI SMK NEGERI 1 GUNUNG MERIAH KABUPATEN ACEH SINGKIL (Irawita, 2019)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Aprilia Rizqina Nuramalina, 2022)
PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS MEDIA LOKAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP BUNYI DI SMP NEGERI 1 DARUSSALAM (WAHYUNI, 2013)
KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING (RISFAN ZAKI, 2021)