//

EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANBLENDED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING DI SMA NEGERI 2 MEULABOH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rifa Astrinaya - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Astrinaya, Rifa. 2020. Efektivitas Penerapan Model PembelajaranBlended Learning Dengan Menggunakan Media Pembelajaran E-Learning diSMA Negeri 2 Meulaboh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. (1) Nana Suraiya, S.Pd., M.Pd (2) Alfi Syahril Fuadi Jaya, S.Pd., M.Si Kata Kunci: Keefektifan, Model Pembelajaran Blended Learning, Media Pembelajaran E-Learning. Berdasakan observasi awal di SMA Negeri 2 Meulaboh menunjukkan bahwa guru Ekonomi dalam proses pembelajaran cenderung menggunakan model pembelajaran ceramah tanpa memanfaatkan media pembelajaran yang telah tersedia dan teknologi sesuai zaman masa kini. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat keefektifan penerapan model pembelajaran blended learning dengan menggunakan media pembelajaran E-learning, peningkatan hasil belajar siswa serta respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran blended learning dan media pembelajaran E-learning di SMA Negeri 2 Meulaboh pada materi Permasalahan Ketenagakerjaan Dalam Pembangunan Ekonomi dan Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi Serta Permasalahan dan Cara Mengatasinya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 IIS berjumlah 45 orang. Data diperoleh dari penerapan langsung model pembelajaran blended learning dan media pembelajaran E-learning di dalam kelas dan melalui angket yang diberikan kepada siswa kelas eksperimen. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: Berdasarka perhitungan, diperoleh hasil untuk Z hitung adalah 6,57. Ternyata didalam tabel nilai Z tabel dari d.b = 43 pada taraf signifikan 5% (0,05) diperoleh nilai Z tabel sebesar 2,017, dari hasil penelitian diperoleh Z hitung lebih besar dari Z tabel (6,57 > 2,017), maka H o ditolak, artinya terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara hasil belajar siswa yang dikelas eksperimen adalah 90,56 dan hasil belajar siswa kelas kontrol adalah 74,93. Sehingga penerapan model pembelajaran blended learning dengan media pembelajaran E-learning memberikan konribusi sebesar >76% yang berarti efektif penerapannya di SMA Negeri 2 Meulaboh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS GEOGRAFI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 BANDA ACEH (Siti Ardila Rigusti, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI KELAS XI SMK NEGERI 1 GUNUNG MERIAH KABUPATEN ACEH SINGKIL (Irawita, 2019)

PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS MEDIA LOKAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP BUNYI DI SMP NEGERI 1 DARUSSALAM (WAHYUNI, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE (5E) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STOIKIOMETRIKELAS X MIA 3 SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (Intan Mustika, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 9 BANDA ACEH (Isra Wulan Sari, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy