//

PENGALAMAN KELUARGA MERAWAT PENDERITA GANGGUAN JIWA DENGAN PASUNG DI KECAMATAN GUNUNGSITOLI SUMATERA UTARA:STUDI FENOMENOLOGI DESKRIPTIF

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Arif Rahman Aceh - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pasung dianggap sebagai solusi praktis untuk pasien dengan penyakit mental dan merupakan norma yang diterima dalam masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi pengalaman keluarga dalam merawat anggota keluarga penderita gangguan jiwa dengan pasung di Kecamatan Gunungsitoli Sumatera Utara. penelitian kualitatif deskriptif melalui metode pendekatan fenomenologi dengan wawancara mendalam. Partisipan dalam penelitian ini adalah keluarga yang memiliki penderita gangguan jiwa dengan pasung. Analisis data hasil wawancara menggunakan tahapan analisis menurut Colaizzi. Temuan hasil penelitian ini antara lain: persepsi tentang pasung,koping keluarga tidak efektif,memilihi bantuan kesehatatan yang tidak tepat,perubahan gambaran diri keluarga. Implikasi dari penelitian ini menunjukan bagaimana keluarga merawat penderita gangguan jiwa dengan pasung menggunakan cara yang tidak tepat sehingga memperburuk keadaan pasien. Peneliti menyarankan pentingnya penyuluhan tentang resiko pasung serta perkembangan ilmu pengetahuan tentang jenis-jenis pasung berdasarkan undang-undang kesehatan jiwa

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI KELUARGA DALAM MERAWAT ANGGOTA KELUARGA YANG MENGALAMI GANGGUAN JIWA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BANDA RAYA BANDA ACEH TAHUN 2012 (MIRANDA ZUARNA, 2014)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP PERAWATAN PASIEN GANGGUAN JIWA DI KECAMATAN BLANG BINTANG KABUPATEN ACEH BESAR TAHUN 2016 (Nirwan, 2016)

GAMBARAN DUKUNGAN KELUARGA DALAM PELAKSANAAN DISCHARGE PLANNING PADA ANGGOTA KELUARGA DENGAN GANGGUAN JIWA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR TAHUN 2011 (Usman, 2021)

GAMBARAN KOPING CAREGIVER DENGAN ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA DI WILAYAH KECAMATAN BLANG BINTANG KABUPATEN ACEH BESAR (REZA JULIANDA, 2016)

PERANCANGAN RUMAH SAKIT JIWA ACEH TEMA : NATURALLY HEALTY (Fahzul Kabir, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy