//

PERBANDINGAN EFISIENSI ANTARA METODE SRI DAN NON SRI DALAM USAHA TANI PADI SAWAH DI KABUPATEN ACEH BARAT DAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Deza kasyfi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh modal dan tenaga kerja terhadap produksi usahatani padi sawah dengan metode SRI (System of Rice Intensification) di Kabupaten Aceh Barat Daya, dan mengetahui efisiensi usahatani padi sawah dengan menggunakan metode SRI dan non SRI. Sampel penelitian sebanyak 300 orang petani padi sawah yang diambil dari 9 kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya. Responden terdiri dari 150 orang petani dengan menggunakan metode SRI dan 150 orang petani dengan metode non SRJ. Ada dua pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini. Pertama, metode ordinary least square (OLS) digunakan untuk mengestimasi fungsi produ.ksi agar dapat diuji efisiensi. Kedua, uji beda keuntungan untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara metode SRl dan non SRI. Hasil estimasi memperlihatkan bahwa baik metode SRI maupun non SRI berada pada tingkat efisiensi. Namun dari uji beda diperoleh hasil keuntungan metode SRI lebih tinggi dibandingkan dengan metode non SRI. Metode SRI dapat dikembangkan karena lebib menguntungkan bagi petani. Karena itu instansi terkait memberikan bantuan agar petani menggunakan metode SRI. Kata Kunci: Metode Usaha Tani SRI dan non SRI, Modal, Tenaga Kerja, Produktivitas Modal, RIC Ratio.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PERBANDINGAN PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH SEBELUM DAN SESUDAH PROGRAM PRIMA TANI DI DESA ANEUK GLEE KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR (Popy Benovly, 2020)

ANALISIS KOMPARATIF PENDAPATAN PETANI PADI SAWAH DALAM PENGGUNAAN KREDIT USAHA MANDIRI (KUM) DI KECAMATAN MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR (Ita Marina Jamal, 2021)

ANALISIS MANFAAT PENERAPAN PROGRAM ACONG TERHADAP PENINGKATAN PRODUKSI DAN PENDAPATAN USAHATANI PADI (ORIZA SATI»A L) DI KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (Dedi Ikhwani, 2020)

STUDI PERBANDINGAN PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH IRIGASI DAN TADAH HUJAN DI KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN ACEHBESAR (Salman, 2021)

EFISIENSI USAHA TANI PADI SAWAH DI KABUPATEN ACEH BESAR (HAIKAL KHARISMA, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy