//

PERBANDINGAN TOTAL BAKTERI SUSU SEGAR KAMBING PERANAKAN ETAWA PADA PEMERAHAN PAGI DAN SORE DI PETERNAKAN DESA LAMTEUMEN KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NADILA DWIPUTRI - Personal Name

Abstrak/Catatan

PERBANDINGAN TOTAL BAKTERI SUSU SEGAR KAMBING PERANAKAN ETAWA PADAPEMERAHAN PAGI DAN SORE DI PETERNAKAN DESA LAMTEUMEN KOTA BANDA ACEH ABSTRAK Susu segar merupakan salah satu bahan pangan asal hewan yang memiliki nilai gizi tinggi sehingga menjadi media yang sangat baik bagi pertumbuhan dan penyebaran bakteri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan total bakteri yang terdapat dalam susu segar kambing Peranakan Etawa yang diperah pada pagi dan sore hari dengan menggunakan metode Total Plate Count (TPC) untuk menunjukkan jumlah cemaran mikroorganisme yang terdapat dalam susu dengan cara menghitung koloni bakteri yang tumbuh pada media agar. Penelitian ini menggunakan 10 sampel susu segar kambing Peranakan Etawa produktif yang diperah pada pagi dan sore hari, selanjutnya dilakukan uji TPC. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa susu segar kambing Peranakan Etawa hasil pemerahan pagi hari lebih tinggi jumlah cemaran bakterinya daripada sore hari. Total bakteri susu segar hasil pemerahan pagi hari 32 x 105 dan sore hari 4,5 x 105 serta berbeda nyata (P

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KADAR LEMAK SUSU SEGAR KAMBING PERANAKAN ETAWA HASIL PEMERAHAN PAGI DAN SORE DI PETERNAKAN LAMTEUMEN BANDA ACEH (TARI UMAIRA, 2020)

ANALISIS KADAR LEMAK SUSU KAMBING PERANAKAN ETAWA SEBELUM DAN SESUDAH DIPASTEURISASI DI PETERNAKAN LAMTEUMEN BANDA ACEH (M. HEIDY UTAMA PUTRA KUSMAWAN, 2020)

ANALISIS KADAR LEMAK SUSU KAMBING PERANAKAN ETAWA SEBELUM DAN SESUDAH DIPASTEURISASI DI PETERNAKAN LAMNYONG KOTA BANDA ACEH (Mirza Yusa, 2017)

ANALISIS KOLIFORM DALAM SUSU KAMBING SEGAR SEBAGAI PARAMETER SANITASI DI PETERNAKAN A DAN B (ZAKIYAH FITRI, 2020)

UJI KONTAMINASI DAN RESISTENSI BAKTERI STAPHYLOCOCCUS AUREUS DARI SUSU KAMBING PERANAKAN ETAWA TERHADAP BEBERAPA ANTIBIOTIK (HILAL, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy