//

PENGARUH PENGGUNAAN TIGA JENIS PASTA GIGI TERHADAP PH SALIVA ANAK KELAS V DI SDN 2 ULIM KABUPATEN PIDIE JAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Intan Khairunnisa - Personal Name
SubjectDENTAL HYGIENE
ORAL HYGIENE - DENTISTRY
DENTAL CARE - DENTISTRY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran Gigi
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Intan Khairunnisa Fakultas : Kedokteran Gigi Judul : Pengaruh Penggunaan Tiga Jenis Pasta Gigi Terhadap pH Saliva Anak Kelas V SDN 2 Ulim Kabupaten Pidie Jaya Salah satu upaya untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah dengan menyikat gigi menggunakan pasta gigi. Pasta gigi merupakan sediaan untuk merawat kesehatan gigi, yang dapat mempengaruhi peningkatkan pH saliva. Selain mengandung bahan kimia pada pasta gigi, terdapat juga tambahan bahan herbal. Penambahan bahan herbal dalam pasta gigi dapat memberikan efek terhadap peningkatan pH saliva. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan tiga jenis pasta gigi terhadap pH saliva anak kelas V SDN 2 Ulim tahun 2014, Kabupaten Pidie Jaya. Penelitian ini merupakan suatu penelitian kuasi eksperimental, dengan rancangan pretest-postest study. Subjek penelitian adalah anak kelas V (10-12 tahun) sebanyak 42 orang. Masing-masing subjek diinstruksikan menyikat gigi dengan tiga jenis pasta gigi yaitu pasta gigi A, B, dan C pada hari yang berbeda. Subjek dilakukan pemeriksaan awal dan akhir pH saliva dengan pH meter. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan adanya perbedaan yang bermakna antara pH saliva sebelum dan sesudah menggunakan pasta gigi B p= 0,01 (p

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN ORAL HYGIENE ANAK DI SD N 55 KOTA BANDA ACEH (STUDI DILAKUKAN PADA ANAK KELAS 1 DAN 2 SD) (IRMA SURYANI, 2018)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECEMASAN PASIEN DALAM PERAWATAN KESEHATAN GIGI MULUT DI POLIKLINIK GIGI RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK (RSIA) BANDA ACEH (FARRAHDILLA SARI, 2016)

PERAN MOTIVASI TERHADAP TINGKAT KOOPERATIF PASIEN YANG BERKUNJUNG KE RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT UNSYIAH (Mhd. Parlindungan Berutu, 2017)

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT TERHADAP INDEKS ORAL HYGIENE PADA SISWA SMPN 1 BANDA ACEH (Savitri, 2015)

HUBUNGAN PERILAKU MASYARAKAT DENGAN TINGKAT KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT DI PUSKESMAS BLANG BINTANG ACEH BESAR (wildan yusuf, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy