//

HUBUNGAN TINGKAT KEBISINGAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MAN MODEL BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ngafif Muzaqin - Personal Name
SubjectLEARNING - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
SCHOOL ENVIRONMENT - PSYCHOLOGICAL INFLUENCE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Kondisi sekolah yang bising mempengaruhi konsentrasi danprestasi belajar siswa. Sumber bising lingkungan sekolah 86% berasal dari suara mesin mobil. Tujuan penelitian adalah untuk melihat hubungan tingkat kebisingan terhadap prestasi belajar siswa. Rancangan penelitian adalah deskriptif analitik, subyek yang memenuhi criteria inklusi dibagi menjadi dua kelompok, yaitu tingkat kebisingan kelas dan prestasi belajar siswa kelas X MAN Model Banda Aceh. Jumlah sampel adalah delapan kelas X. Sampel diambil secara acak kelas yang ada di MAN Model Banda Aceh. Pengukuran tingkat kebisingan diruang kelas X menggunakan sound level meter (dBA) yang diukur saat proses belajar mengajar berlangsung. Sedangkan prestasi belajar diambil dari nilai rapor semester I. Analisa data menggunakan uji alternative fisher exact test yaitu uji yang digunakan untuk melakukan analisis pada dua sampel independen dan dependen dengan jumlah sampel yang relative kecil (≤20 sampel) dengan skala data nominal. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai kebisingan terendah adalah 60,33 dBA pada pagi hari, dan nilai kebisingan tertinggi adalah 62,92 dBA pada siang hari. Prestasi belajar siswa terendah yaitu 79,52 dBA, dan nilai tertinggi adalah 82,70. Hasil uji alternatif fisher exact test diperoleh nilai signifikan P-Value>1,000 yang menunjukkan hubungan dua arah sama. Bahwa H0 ditolak dengan (P-Value>α (1.000)) dengan kepercayaan 95% (0,005), disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara kebisingan dengan prestasi belajar siswa MAN Model Banda Aceh. Kata kunci: Kebisingan, Prestasi Belajar

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR ( TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA SUBMATERI KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN DI SMA NEGERI 1 SIGLI KABUPATEN PIDIE (Riska Agustina, 2017)

PERBEDAAN TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL ANTARA SISWA KELAS III PENDIDIKAN REGULER SMAN 3 BANDA ACEH DAN SISWA PENDIDIKAN ASRAMA SMAN 10 FAJAR HARAPAN BANDA ACEH TAHUN 2014 (zaki rusmana putra, 2014)

HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DENGAN TINGKAT PRESTASI BELAJAR PADA SISWA BOARDING SCHOOL DI SMAN 10 FAJAR HARAPAN KOTA BANDA ACEH (MAULIDA INTAN, 2015)

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI EKSPONEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION) DI KELAS VII SMP FATIH BILINGUAL SCHOOL BANDA ACEH (Dovran Abdyrahmanov, 2014)

HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA SMAIT AL FITYAN SCHOOL ACEH PADA MATERI TRIGONOMETRI MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH (Zulfikar, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy