//

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEKERJA ANAK PERKOTAAN DI NANGGROE ACEH DARUSSALAM (STUDI KASUS KOTZ BANDA ACEH, LHOKSEUMAWE, LANGSA, DAN SABANG)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang YUSRA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini membahas permasalahan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pekerja anak perkotaan di Nanggroe Aceh Darussalam. Tingginya angka pekerja anak dan banyaknya anak-anak yang tidak dapat menikmati hak tumbuh dan berkembang karena berbagai faktor yang berkaitan dengan keterbatasan kemampuan ekonomi keluarga. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan anak, umur anak, jenis kelamin anak, dan jenis kelamin kepala keluarga terhadap pekerja anak perlcotaan di Nanggroe Aceh Darussalam. Penelitian ini dilakukan di kota Banda Aceh, Lhokseumawe, Langsa, dan Sabang. Data sekunder diperoleh dari Sensus Ekonomi Nasional (SUSENAS) yang diJakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada bulan Januari-Februari tahun 2004 dan literatur-literatur lain yang berhubungan dengan penelitian ini. Data dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan konsep-konsep teoritis dan secara kuantitatif dengan peralatan statistik dengan menggunak an SPSS version 13. Dari basil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa basil estimasi model regresi logisti.k menunjukkan bahwa seorang anak bekerja atau tidak dipengaruhi oleh pendidikan anak, umur anak, jenis kelamin anak, dan jenis kelamin kepala keluarga. Estimasi model regresi logistik secara signifikan menunjukkan bahwa variabel-variabel tersebut mempengaruhi seorang anak menjadi pekerja. Berdasarkan hasil penelitian ini maka diharapkan kepada Pemerintah Daerah Provinsi Nanggroe Aceh Darussal am agar program bantuan langsung atau tidak langsung dari pemerintah pusat dan daerah dapat di modifikasi khususnya untuk rumah tangga dengan pekerja anak dengan melihat variabel-variabel di atas. Demikian pula wajib belajar gratis hingga tingkat SLTA semestinya dapat dilakukan dengan porsi anggaran pendidikan daerah.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KONTRIBUTOR UTAMA PENENTU PERTUMBUHAN EKONOMI WILAYAH PERKOTAAN DI ACEH (MUHAMMAD HAFIT, 2016)

ANALISIS SHIFT - SHARE KOTA LHOKSEUMAWE DAN KOTA LANGSA (Indra Gunawan, 2020)

PENENTUAN KARAKTERISTIK PARIWISATA DAN MODEL JUMLAH WISATAWAN UNTUK KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI ACEH (Nelva Amelia, 2015)

PENGENDALIAN PERSEDIAAN BERAS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EOQ (ECONOMIC ORDER QUANTITY) PADA DIVISI REGIONAL PERUM BULOG NANGGROE ACEH DARUSSALAM (Ida Mastura, 2021)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENDIDIKAN ANAK NELAYAN DI KOTA BANDA ACEH (STUDI KASUS DI DESA ULEE LHEUE KECAMATAN MEURAXA KOTA BANDA ACEH) (AZHAR, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy