//

ANALISIS PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA SEKTOR PERTANIAN DI PROVINSI NANGGROE ACED DARUSSALAM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NURYANA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini membahas permasalahan tentang produktivitas tenaga kerja di sektor pertanian di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat produktivitas tenaga kerja di sektor pertanian di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Penelitian ini dilakukan di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam khususnya periode tahun 2000 - 2004 dengan menggunakan data sekunder yang diambil dari Badan pusat Statistik Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Data dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan konsep-konsep teoritis dan secara kuantitatif. Berdasarkan basil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa produktivitas tenaga kerja sektor pertanian di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam tahun 2000-2004 mengalami fluktuasi. Perkembangan produktivitas tenaga kerja sektor pertanian hanya sekali mengalami peningkatan yaitu tahun 200 I, dimana meningkat sebesar 3.6051 persen atau rnenjadi Rp. 7.431.502.76.-. Selain meningkat, produktivitas tenaga kerja juga mengalami penurunan yang cukup besar hingga mencapai Rp.808.497,75,- (1,4570%) yang terjadi pada tahun 2003. penurunan ini sangat dipengaruhi olch kondisi keamanan Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam yang tidak kondusif akibat konflik bersenjata. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa sektor pertanian merupakan yang paling banyak menyerap teaaga kerja, maka dinarapkan kepada Pemerintah Daerah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam agar menyediakan kemudahan- kemudahan baik penyediaan alat-alat pertanian maupun distribusi hasil panen. Kebijakan ini perlu dilakukan untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja khususnya sektor pert.a.nian dan implikasinya tentu dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH KESEMPATAN KERJA SEKTOR PERTANIAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINS! NANGGROE ACEH DARUSSALAM (Dedi Sahputra, 2021)

ANALISIS PRODUKTIFITAS TENAGA KERJA SUB SEKTOR PETERNAKAN DI PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM (Julidar, 2020)

ANALISIS PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PADA SEKTOR PERTANJAN DI PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM (YESI MOULISA, 2020)

ANALISIS SHIFT - SHARE SEKTOR NON MIGAS DI PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM (Muhammad Elmansyah, 2021)

DAMPAK INVESTASI TERHADAP PDRB DAN PASAR TENAGA KERJA DI SEKTOR PERTANIAN PROVINSI ACEH (M. FADEL SYAHRI, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy