//

VALIDASI KIT DIAGNOSTIK ENZYME-LINKED IMMUNOSORBENT ASSAY (ELISA) KOMERSIAL UNTUK ANALISIS TESTOSTERON SECARA NON-INVASIF DAN KORELASINYA DENGAN LINGKAR SKROTUM, UMUR, DAN BOBOT BADAN PADA KERBAU

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUTIARA KEMALA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui validitas kit ELISA komersial testosteron (EIA 1557, DRG diagnostic GmbH, Germany) secara analitik dan biologis untuk menganalisa konsentrasi metabolit hormon testosteron dan hubungannya dengan lingkar skrotum, umur, dan bobot badan pada kerbau. Sampel feses dikoleksi dari 34 ekor kerbau terdiri dari 22 ekor kerbau jantan dewasa (3-4 tahun), 6 jantan anakan (< 1 tahun), dan 6 ekor betina dewasa (3-4 tahun). Sampel feses kemudian diekstraksi dan metabolit hormon testosteron diukur dengan metode ELISA. Data yang didapat dianalisis menggunakan uji Pearson Correlation. Validasi analitik yang dilakukan yaitu parallelism, sensitifitas, akurasi, dan presisi, sedangkan validasi biologis dilakukan dengan membandingkan konsentrasi metabolit hormon testosteron kerbau jantan dewasa, jantan anakan, dan betina dewasa. Hasil penelitian menunjukkan kurva sampel feses paralel dengan kurva standar kit ELISA komersial testosteron (EIA 1557), sensitifitas = 0,085 ng/ml, presisi (%CV intra-assay dan inter-assay

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI KADAR TESTOSTERON, LINGKAR SKROTUM DAN UMUR KERBAU GAYO SEBAGAI SALAH SATU SUMBER DAYA GENETIK TERNAK LOKAL (MUHAMMAD AMMAR, 2020)

UJI VALIDASI UNTUK PENGUKURAN KADAR HORMON TESTOSTERON PADA KAMBING KACANG (CAPRA AGREGUS HIRCUS) MENGGUNAKAN METODE ENZYME LINKED IMMUNOSORBENT ASSAY (ELISA) (okta hilda kadar, 2015)

KADAR TESTOSTERON SERUM DAN HUBUNGANNYA DENGAN UMUR DAN LINGKAR SKROTUM KERBAU SIMEULUE. (Qadarsina, 2017)

VALIDASI ANALITIK DAN BIOLOGIS KIT ELISA KOMERSIAL UNTUK PENGUKURAN HORMON KORTISOL PLASMA DARAH SAPI ACEH (ANGGI ANGGRAINI ULFA, 2018)

PENGARUH PENAMBAHAN VITAMIN E PADA PAKAN TERHADAP KADAR HORMON TERSTOSTERON AYAM KAMPUNG (GALLUS DOMESTICA) (widya syahfitri, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy