PENGARUH INVESTASI DAN TENAGA KERJA TERHADAP PERKEMBANGAN EKONOMI NANGGROE ACEH DARUSSALAM | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGARUH INVESTASI DAN TENAGA KERJA TERHADAP PERKEMBANGAN EKONOMI NANGGROE ACEH DARUSSALAM


Pengarang

Cut Fitriani - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0401101010063

Fakultas & Prodi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Ekonomi Pembangunan (S1) / PDDIKTI : 60201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Investasi dan Tenaga Kerja terhadap Perkembangan Ekonomi Nanggroe Aceh Darussalam selama periode 1983 - 2006. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder (secondary data) yang bersumber dari Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah (BKPMD), Badan Pusat Statistik (BPS) dan instansi terkait lainnya. Analisis pengaruh Investasi dan Tenaga Kerja terhadap perkembangan ekonomi Nanggroe Aceh Darussalam dilakukan dengan menggunakan model fungsi produksi Cobb-Douglas yang diolah dengan bantuan komputer pada program SPSS.


Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa koefisien regresi investasidalam bentuk kapital berpengaruh positif. namun inelastis terhadap perkembangan ekonomi Nanggroe Aceh Darussalam, sedangkan perubahan tenaga kerja berpengaruh positif dan elastis terhadap perkembangan ekonomi Nanggroe Aceh Darussalam. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,943 yang berarti bahwa derajat hubungan variabel investasi dan tenaga kerj. terhadap pertumbuhan ekonomi adalah sebesar 94,3 persen, sedangkan koefisien determinasi adalah sebesar 0,889, artinya perubahan pertumbuhan ekonomi Nanggroe Aceh Darussalam dipengaruhi oleh investasi dan tenaga kerja sebesar 88.9 persen, sisanya dipengaruhi olcb faktor lain diluar penelitian ini yaitu faktor kondisi sosial politik dan faktor ekonomi lainnya. Berdasarkan perkembangan-perkembangan tersebut maka diharapkan kepada pihak pemerintah agar lebih memperhatikan lagi keberadaan investor yang ada di Nanggroe Aceh Darussalam sehingga investasi di daerah ini terus dapat berkembang.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK