PENGANGGURAN PERKOTAAN DI INDONESIA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGANGGURAN PERKOTAAN DI INDONESIA


Pengarang

FATIMAH ZUHRA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0701101010010

Fakultas & Prodi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Ekonomi Pembangunan (S1) / PDDIKTI : 60201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan pengangguran di daerah perkotaan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang terdiri dari variabel tingkat pengangguran di perkotaan, tingkat upah regional, rata-rata lama sekolah di daerah perkotaan, dan jumlah angkatan kerja di kota Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat upah regional, rata-rata lama sekolah di kota berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat pengangguran di perkotaan. Sedangkan angkatan kerja tidak signifikan. Berdasarkan hasil estimasi diperoleh nilai perhitungan Adj R2 sebesar 0.9167 artinya tingkat upah regional, angkatan kerja di kota, dan tingkat pendidikan di kota mempengaruhi pengangguran perkotaan di Indonesia sebesar 91,67 persen. Pengujian hipotesis dengan uji t, menunjukkan bahwa variabel tingkat pendidikan di kota berpengaruh secara signifikan terhadap pengangguran perkotaan di Indonesia. Hal ini didasarkan pada perolehan t hitung > t tabel yaitu 4,928 > 2,12.


Kata Kunci : Tingkat pengangguran di perkotaan, Tingkat Upah Regional, Rata-rata Lama Sekolah, dan Angkatan Kerja di kota.











Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK