//

PERANAN PEMBIAYAAN BANK PERKREDITAN RAKYAT SYARIAH TERHADAP PENDAPATAN USAHA KECIL DI KABUPATEN ACEH BESAR (STUDI KASUS BPRS BAITURRAHMAN DAN HAREUKAT DENGAN 35 NASABAH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NETTI HERNI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Berdasarkan judul penelitian ini yaitu peranan pembiayaan Bank Perkreditan Rakyat Syariah terhadap pendapatan usaha kecil di Kabupaten Aceh Besar, oleh karena itu penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembiayaan Bank Perkreditan Rakyat Syariah terhadap pendapatan usaha kecil di Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Aceh Besar terhadap nasabah (usaha kecil) pembiayaan modal kerja pada tahun 2008 khususnya BPRS Baiturrahman dan Hareukat di Kabupaten Aceh Besar dengan menggunakan data primer melalui kuisioner dan wawancara objek serta data skunder yang bersumber publikasi instansi pemerintah seperti Bank Indonesia Banda Aceh, data langsung dari BPRS Baiturrahman dan Hareukat yaitu data yang terkait serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan di Kota Banda Aceh. Jumlah sampel secara keseluruhan adalah 35 nasabah (usaha kecil) pembiayaan modal kerja. Data dianalisa secara deskriptif dengan menjelaskan dan menggambarkan fenomena-fenomena dari variabel yang diteliti. Data yang terkumpul melalui kuisioner kemudian diolah dan ditabulasikan, selanjutnya di analisis. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut: Peranan pembiayaan Bank Perkreditan Rakyat Syariah terhadap pendapatan usaha kecil di Kabupaten Aceh Besar memiliki peran yang sangat besar atau pengaruh positif. Hal ini dapat dilihat melalui pinjaman pembiayaan yang diberikan BPRS Baiturrahm an dan Hareukat kepada 35 responden usaha kecil di Kabupaten Aceh Besar maka 34 responden yang dapat meningkatkan pendapatan dan keuntungannya sedangkan yang tidak meningkat hanya 1 responden. Hal ini dikarenakan pembiayaan tersebut digunakan untuk menutupi kenaikan harga sewa bangunan sehingga tidak dapat digunakan untuk menambah pembelian barang-barang usaha. Berdasarkan hasil penelitian ini, untuk mengatasi keterbatasan ketersediaan modal usaha kecil di Kabupaten Aceh Besar diharapkan pihak Bank Perkreditan Rakyat Syariah khususnya pemberian pembiayaan untuk usaha-usaha kecil dapat terus meningkatkan pelayanannya sehingga usaha kecil dapat meningkatkan kinerjanya ke arah yang lebih maju guna meningkatkan pendapatan dan perluasan Lapangan kerja.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KERAGAAN BPRS HAREUKAT LAMBARO (KASUS PEMBIAYAAN USAHATANI CABAI MERAH ) KECAMATAN INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Ahmad Bisyri, 2020)

KEBERHASILAN UKM SETELAH MEMPEROLEH MODAL USAHA MELALUI SISTEM MUDHARABAH OLEH BPRS BAITURRAHMAN DI KOTA BANDA ACEH (ZAMZAM, 2021)

SISTEM PELAYANAN TABUNGAN SECARA JEMPUT BOLA PADA PT. BPRS HIKMAH WAKILAH. (Reza Fahlevi, 2016)

ANALISIS KOMPARATIF SISTEM PERBANKAN SYARIAH DAN PERBANKAN KONVENSIONAL: (STUDI KASUS BPR INGIN JAYA DAN PT.BPRS HIKMAH WAKILAH) (SUKARDI, 2020)

ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENYALURAN KREDIT TERHADAP USAHA MIKRO PADA PT. BANK PERKREDITAN RAKYAT SYARIAH RENGGALI KECAMATAN LAUT TAWAR KABUPATEN ACEH TENGAH (Khalisa Azmi, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy