//

ANALISIS KOMPARATIF SISTEM PERBANKAN SYARIAH DAN PERBANKAN KONVENSIONAL: (STUDI KASUS BPR INGIN JAYA DAN PT.BPRS HIKMAH WAKILAH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SUKARDI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan perbankan syariah dalam bersaing dengan perbankan Konvensional dalam kaitannya dengan sistem pembiayaan dan sistem perkreditan. Data yang digunakan dalam penulisan skripsi ini diperoleh melalui library research, yaitu pengumpulan data sekunder untuk mernperoleh landasan teoritis dan field research melalui pengamatan (observasi) dan wawancara dengan responden yang berkaitan yaitu dengan kepala bagian kredit pada BPR lngin Jaya, sedangkan pada PT BPRS Hikmah Wakilah langsung dengan di direktur dan staf pada biro perkreditan atau pembiayaan. Metode analisis data yang digunakan adalah dengan mendeskripsikan perbandingan kedua sistem perkreditan pada perbankan tersebut. . Hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan yang cukup signifikan antar kedua sistem perbankan terutama dalam hal perlcreditan diantaranya penggunaan instrumen-instrumen dalam menjaring dana masyarakat, mekanisme alokasi dana, sektor tujuan dana dan sebagainya. Dalam kaitannva sistem perkreditan kedua bank tersebut, PT BPRS Hikmah Wakilah selaku hank yang menerapkan prinsip-prinsip syariah belum mampu meyakinkan masyarakat kalau instrumen bank yang berlandaskan syariah sudah diterapkan. Lain halnya dengan BPR lngin Jaya yang sudah sangat berpengalarnan dan terus berbenah diri untuk menjadi yang terbaik telah mendapat tempat di masyarakat Aceh Besar terutama beberapa kecamatan yang terdekat dengan BPR lngin Jaya. Berdasarkan basil penelitian yang dilaksanakan dan membandingkannya dengan teori yang ada, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan sistem pembiayaan pada PT BPRS Hikmah Wakilah sudah marnpu bersaing untuk menjadi lebih baik jika dibandingkan sistem perkreditan pada BPR Ingin Jaya. Hal ini dapat dilihat dari tolok ukur pencapaian variabel jumlah kredit yang diberikan, asset, profit, nasabah dan tabungan nasabah dari tahun 1996-2006 total rata-rata yaitu PT BPRS Hikrnah Wakilah 55% sedangkan BPR Ingin Jaya 20% perkembangan setiap tabun. Dalam kancah perbankan Indonesia BPR lngin Jaya dan PT BPRS Hikmah Wakilah masih merupakan bank baru yang masih memiliki cukup banyak kelemahan yang perlu terus diperbaiki dan dibenahi. Oleh karena itu, diharapkan kedua bank ini terus membuka diri guna meningkatkan produk-produk perkreditan dan pembiayaan produktif yang dapat mewujudkan keadilan dan pemerataan ekonomi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KERELASIAN NASABAH DAN INTEGRITAS PEMASARAN MENUNJANG KINERJA PADA PT. BPR SYARIAH HIKMAH WAKILAH BANDA ACEH (JURIAN RISKA, 2016)

ANALISIS KESESUAIAN PENERAPAN PRODUK PEMBIAYAAN MUSYARAKAH BERDASARKAN PSAK 106 PADA PT. BPRS HIKMAH WAKILAH (LISANDI NOVISRA, 2019)

KINERJA KEUANGAN PERBANKAN SYARIAH DAN PERBANKAN KONVENSIONAL PADA MASA KRISIS KEUANGAN: SEBUAH STUDI PERBANDINGAN (Koko Bustami, 2018)

SISTEM PELAYANAN TABUNGAN SECARA JEMPUT BOLA PADA PT. BPRS HIKMAH WAKILAH. (Reza Fahlevi, 2016)

PRINSIP -PRINSIP DASAR OPERASIONAL PERBANKAN SYARIAH (MULYADI, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy