//

ANALISIS STRUKTUR DAN NILAI TAMBAH PADA RANTAI PASOK BERAS DI KABUPATEN ACEH TIMUR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUAMMAR ARIS MUNANDAR - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pembangunan sektor pertanian dihadapkan pada tantangan peningkatan produksi dan kesejahteraan petani. Selain masalah teknis, faktor rantai pasok harus diperhatikan dengan baik karena berkaitan dengan masalah sosial lainnya. Studi ini membahas tentang struktur rantai pasok beras di Kabupaten Aceh Timur. Nilai tambah yang diperoleh kilang padi dalam pengolahan padi menjadi beras juga dikaji dengan metode Hayami. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rantai pasok beras di Aceh Timur melibatkan beberapa pihak yaitu petani, pengepul, penyulingan beras, pedagang besar (kabupaten), dan pengecer di dalam dan luar Kabupaten Aceh Timur serta konsumen sebagai penghubung terakhir. Nilai tambah yang dihasilkan dari pengolahan padi menjadi beras, dedak dan menir secara keseluruhan mampu memberikan nilai tambah yang positif bagi kilang padi di Aceh Timur. Nilai output pengolahan beras sebesar Rp. 6.304,5 / kg. Dari hasil nilai output tersebut maka kilang padi dapat menghasilkan nilai tambah sebesar Rp. 829 kg dengan perbandingan 13,14% dalam satu periode pengolahan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS RANTAI PASOK DAN NILAI TAMBAH KOPI ARABIKA MITRA CV. ORO KOPI GAYO DI KABUPATEN ACEH TENGAH (Arwinsyah Malik, 2019)

ANALISIS KINERJA RANTAI PASOK BERAS PADA KILANG PADI SKALA BESAR DI KABUPATEN BIREUEN (Naya Desparita, 2020)

MANAJEMEN RANTAI PASOKAN KOMODITAS KELAPA SAWIT DI PANTAI BARAT ACEH (Nurchalis, 2016)

ANALISIS KINERJA PENGGILINGAN PADI PADA RANTAI PASOK BERAS DI KABUPATEN ACEH BESAR (Defrizal, 2021)

PENGELOLAAN JARINGAN PASOK DAN NILAI TAMBAH EKONOMI (EVA) GABAH PADA KILANG PADI “AA” DI KECAMATAN SIMPANG TIGA KABUPATEN PIDIE (Miftahul Rauzah, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy