//

PARTISIPASI PEREMPUAN DALAM PARTAI POLITIK (STUDI KASUS PADA PARTAI POLITIK DI ACEH BARAT DAYA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fedi Mirza Akmal - Personal Name

Abstrak/Catatan

Secara konseptual partisipasi politik perempuan berarti sebagai suatu kegiatan perempuan untuk berperan dalam proses politik. Salah satu sarana dan media perempuan untuk berpartisipasi adalah partai politik. Terdapat perempuan dalam kepengurusan partai politik dan mencalonkan diri dalam Pemilu legislatif 2009 di Kabupaten Aceh Barat Daya dengan jumlah yang banyak. Namun dalam Pemilu legislatif 2009 tidak satupun caleg perempuan yang terpilih. Melihat fenomena ini maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana partisipasi perempuan dalam partai politik di Kabupaten Aceh Barat Daya dan Faktor-faktor penyebab calon legislatif perempuan tidak berhasil terpilih menjadi anggota DPRK Aceh Barat Daya pcriode 2009-2014.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui partisipasi perempuan dalam partai politik dan faktor-faktor penyebab calon legislatif perempuan tidak berhasil terpilih menjadi anggota DPRK Aceh Barat Daya periode 2009-2014.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Untuk memperoleh data dalam penulisan skripsi ini, dilakukan penelitian keperpustakaan dan penelitian lapangan. Penelitian perpustakaan dilakukan untuk mendapatkan data sekunder dengan cara mengakaji teori, hukum-hukum dan peraturan perundang-undangan serta data yang mendukung penelitian. Kemudian penelitian lapangan dilakukan untuk mendapatkan data primer dengan cara wawancara responden dan informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi perempuan dalam partai politik di Kabupaten Aceh Barat Daya rendah. Rendahnya partisipasi politik perempuan di buktikan dengan tingkat pemahaman program kerja partai politik, tingkat pemahaman visi dan misi partai politik dan tingkat pemahaman perempuan terhadap pengkaderan dalam partai politik rendah. Adapun faktor-faktor penyebab calon legislatif perempuan tidak berhasil terpilih menjadi anggota DPRK Aceh Barat Daya periode 2009-2014 disebabkan oleh rendahnya tingkat kepercayaan perempuan sendiri untuk memenangi Pemilu legislatif, rendahnya infestasi politik perempuan dan minat menjadi caleg yang rendah karena menjadi caleg rata- rata dimintai oleh partai politik. Disarankan kepada partai politik di Kabupaten Aceh Barat Daya agar melakukan penyadaran terhadap perempuan akan pentingnya partisipasi perempuan secara penuh dalam kegiatan-kegiatan partai dan Pernilu. Bagi perempuan sendiri disarankan supaya menyiapkan diri untuk bisa berpartisipasi secara aktif di partai politik agar nantinya keterwakilan perempuan di lembaga politik bisa meningkat secara kuantitas dan kualitas.Keyword: Partisipasi, Perempuan, Partai Politik

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERAN PARTAI POLITIK DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN POLITIK BAGI MASYARAKAT BERBASIS GAMPONG (STUDI GAMPONG SITI AMBIA KECAMATAN SINGKIL KABUPATEN ACEH SINGKIL) (Ibrahim, 2020)

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PARTAI AMANAT NASIONAL PASCA EKSISTENSI PARTAI LOKAL ACEH ( SUATU PENELITIAN DI KOTAMADYA BANDA ACEH ) (Muhammad Prawoto, 2016)

KETERWAKILAN PEREMPUAN DALAM PATAI ACEH (STUDI PENELITIAN DI DEWAN PIMPINAN PUSAT PARTAI ACEH) (Zahratun Nafis, 2013)

EFEKTIVITAS KEBERADAAN ORGANISASI SAYAP PARTAI GERINDRA TERHADAP KADERISASI POLITIK PARTAI GERINDRA ACEH (Furqan, 2019)

PARTISIPASI PEREMPUAN DALAM LEMBAGA LEGISLATIF (SUATU KAJIAN DI DEWAN PERWAKILAN RAKYAT KOTA BANDA ACEH) (Nurmailis, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy