//

GAMBARAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN PADA PASIEN YANG PERNAH MENGGUNAKAN BPJS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NUNING NATASYA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Mutu pelayanan kesehatan adalah sesuatu yang dapat memperlihatkan tingkatan dari baik atau buruknya suatu pelayanan kesehatan dalam memberikan kepuasan pada setiap pasien. Semakin bagusnya suatu pelayanan maka semakin tinggi tingkat kepuasan yang dirasakan pasien. Mutu pelayanan kesehatan rumah sakit sangat mempengaruhi dalam pemberian pelayanan kesehatan kepada pasien untuk itu mutu pelayanan perlu diperbarui terus menerus untuk dapat meningkatkan mutu pelayanan kesehatan yang sesuai dengan yang pasien butuhkan terutama pada pasien BPJS. Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi gambaran mutu pelayanan kesehatan pada pasien yang pernah menggunakan BPJS dan penelitian ini lebih berfokus pada dimensi mutu pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Meuraxa Kota Banda Aceh. Jenis penelitian adalah deskriptif eksplortaif dengan desain penelitian cross sectional study. Teknik pengumpulan sampel menggunakan Non Probability Sampling dengan cara Snowball Sampling dengan 248 responden. Hasil penelitian ini menunjukan mutu pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum daerah Meuraxa Kota Banda Aceh berada pada kategori baik 145 responden (58,5%), dimensi tangibles (bukti fisik) dikategorikan cukup sebanyak 118 responden (47,6%) dapat ditarik kesimpulan bahwa pada dimensi tangibles mutu pelayanan rumah sakit masih kurang, pada kategori dimensi reability (kehandalan) dikategorikan baik sebanyak 157 responden (63,3%), dimensi responsiveness (ketanggapan) termasuk dalam kategori baik sebanyak 127 responden (51,2%), pada dimensi assurance (jaminan) dikategorikan baik sebanyak 146 responden (58,9%), dan untuk dimensi emphaty (empati) dikategorikan baik sebanyak 163 responden (65,7%). Diharapkan menjadi masukan bagi rumah sakit untuk terus memperbarui dan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Kota Banda Aceh terutama pada dimensi tangibles, dapat menjadi referensi bagi tenaga kesehatan untuk meningkatkan mutu pelayanan dalam pemberian pelayanan kesehatan kepada setiap pasien, diharapkan juga dapat menjadi bahan evaluasi bagi program BPJS untuk kedepannya dan sebagai bahan perbandingan untuk rumah sakit lain dan profesi lain dalam memberikan pelayanan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN PADA PASIEN YANG PERNAH MENGGUNAKAN BPJS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA KOTA BANDA ACEH (NUNING NATASYA, 2020)

GAMBARAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DI BLUD RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA BANDA ACEH TAHUN 2013 (ZEFRIADI NUR, 2014)

GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN KOTA BANDA ACEH (Fara Fatika, 2017)

PERBANDINGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM MEURAXA DAN RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK TAHUN 2013 (Fauzan Safwandi, 2013)

ANALISIS KUALITAS PELAYANAN JASA KESEHATAN DIINSTALASI RAWAT INAP DENGAN MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL – FUZZY ( STUDI KASUS PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA KOTA BANDA ACEH ) (Ahlul Rizal, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy