//

ANALISIS PENGARUH SUKU BUNGA DAN KURS TERHADAP EKSPOR UDANG DINANGGROE ACEH DARUSSALAM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang BANI FIRDAUS - Personal Name

Abstrak/Catatan

Adapun yang menjadi tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh suku bunga dan kurs terhadap ekspor udang di Nanggroe Aceh Darussalam. Aspek yang di analisis mencakup variabel suku bunga, kurs dan variabel ekspor udang, dari tahun 1995-2004. Aspek yang di analisis mencakup variabel suku bunga, kurs dan variabel ekspor udang. dari tahun 1995-2004. Untuk mengetahui besar pengaruh suku bunga dan kurs terhadap ekspor udang di Nanggroe Aceh Darussalam dilakukan dengan menggunakan regresi linear berganda. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa persamaan akhir estimator yaitu Y = 9,824 - 0,386 X, + 2,129 X3. Konstanta sebesar 9.824 artinya tanpa adanya variabel suku bunga dan nilai kurs maka ekspor udang sebesar 9,824 persen. Apabila variabel X, (suku bunga) mengalami perubahan sebesar satu persan maka akan berpengaruh terhadap turunnya nilai ekspor udang sebesar 0.386 persen dengan asumsi variabel kurs diangap tetap. Apabila variabel X (kurs) mengalami perubahan sebesar satu persen maka akan berpengaruh terhadap meningkatnya nilai ekspor udang sebesar 2,129 persen dengan asaumsi variabel suku bunga dianggap tetap. Koefisien determinan yang diadjust (Adj. R') bernilai 75.4 persen menunjukkan bahwa variasi yang terjadi terhadap variabel suku bunga dan kurs berpengaruh sebesar 75,4 persen terhadap variasi variabel ekspor udang di Nanggroe Aceh Darussalam sedangkan sisanya sebesar 24,6 persen variasi yang terjadi dipengaruhi oleh variabel lainnya diluar model penelitian. Koefisien korelasi R sebesar 87.2 persen menggambarkan bahwa variabel suku bunga dan kurs sangat erat hubungannya terhadap ekspor udang di Nanggroe Aceh Darussalam sebesar 87,2 persen.Pembuktian yang dilakukan baik dengan menggunakan uji t-hitung maupun F-hitung ternyata variabel bebas dalam penelitian ini berpengaruh baik secara partial maupun secara universal terhadap variabel terikat. Produksi udang di Daerah Istimewa Aceh untuk tahun-tahun yang akan datang agar dapat ditingkatkan terus sehingga ekspor bisa ditingkatkan lagi. Kemudian pemerintah harus memberikan bantuan berupa kredit kepada para petani tambak karena biaya yang diperlukan untuk membiayai tambak udang sangat besar sehingga poduksi dapat ditingkatkan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA DAN NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP TINGKAT EKSPOR DI INDONESIA PERIODE 1997-2011 (Yulisma Haryanti, 2013)

ANALISIS EKSPOR PERTAMBANGAN NON MIGAS INDONESIA (Kurniawan Nugroho Adhitia Basyamfar, 2015)

PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA SERTIFIKAT BANK INDONESIA, KURS RUPIAH, DAN INFLASI TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN (STUDI KASUS PADA INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2008-2012) (Khairul Amni, 2014)

PENGARUH KURS DOLLAR, HARGA LUAR NEGERI DAN VOLUME EKSPOR TERHADAP FLUKTUASI NILAI EKSPOR PINANG DI NANGGROE ACEH DARUSSALAM (Mairiani, 2020)

PENGARUH SUKU BUNGA, PRODUK DOMESTIK BRUTO, DAN NILAI TUKAR TERHADAP EKSPOR DI INDONESIA (OKTA RABIANA RISMA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy