//

PERBANDINGAN SPESIES CANDIDA PADA RONGGA MULUT RUSA SAMBAR DAN RUSA TOTOL

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rinda Kartika Balqis - Personal Name

Abstrak/Catatan

Candida sp merupakan flora normal yang terdapat pada rongga mulut dan dalam kondisi tertentu dapat bersifat patogen oportunistik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi spesies Candida sp pada rongga mulut rusa sambar (Cervus unicolor) dan rusa totol (Axis axis). Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah swab rongga mulut dari empat ekor rusa sambar dan empat ekor rusa totol yang berada di Taman Rusa. Identifikasi Candida sp diamati secara makroskopis dengan melihat perbedaan warna koloni yang tumbuh pada media CHROMagar-Candida. Data yang diperoleh disajikan dalam bentuk tabel dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pemeriksaan swab rongga mulut rusa sambar ditemukan 4 jenis Candida sp (Candida albican, Candida tropicalis, Candida krusei, Candida lainnya) dan pada rusa totol ditemukan 5 jenis Candida sp (Candida albicans, Candida tropicalis, Candida krusei, Candida lainnya, Candida parapsilosis). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa ditemukan adanya perbedaan spesies Candida sp pada rongga mulut rusa sambar dan rusa totol.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI CACING PARASIT GASTROINTESTINAL PADARUSASAMBAR (CERVUS UNICOLOR)DANRUSATOTOL (AXIS AXIS ) DI TAMAN MARGASATWABUDAYAKINANTAN (TMSBK) KOTA BUKITTINGGI (NADYA ALFI, 2021)

PREFERENSI PAKAN DAN TINGKAT KESEJAHTERAAN RUSA SAMBAR (CERVUS UNICOLOR), RUSA TOTOL (AXIS AXIS), RUSA BAWEAN (AXIS KUHLII) DI TAMAN HUTAN KOTA LANGSA (Linda Murisqa, 2019)

PENGARUH JUMLAH PENGUNJUNG TERHADAP PERILAKU MAKAN RUSA SAMBAR (CERVUS UNICOLOR) DI TAMAN RUSA SIBREH, ACEH BESAR (Jummaita Janra Satriana, 2020)

ISOLASI BAKTERI ASAM LAKTAT GENUS LACTOBACILLUS DARI FESES RUSA SAMBAR (CERVUS UNICOLOR) (AMELIA ANDIKA PUTRI, 2018)

EFEK JUMLAH DAN PERILAKU PENGUNJUNG TERHADAP KONSENTRASI METABOLIT KORTISOL PADA RUSA SAMBAR (CERVUS UNICOLOR) DI TAMAN RUSA LAMTANJONG, ACEH BESAR (PEGGY THESYA M J, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy