//

PENGARUH SUKU BUNGA, INFLASI DAN NILAI TUKAR TERHADAP IHSG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FERI ANDI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh suku bunga, inflasi, dan nilai tukar terhadap indeks harga saham gabungan di Indonesia pasca krisis ekonomi. Penelitian ini dilakukan di Indonesia dengan menggunakan data sekunder periode 1999-2011 yang bersumber dari Bank Indonesia dan Badan Pusat Statistik. Data dianalisis dengan pendekatan deskriptif dan kuantitatif melalui penyajian dan penyusunan data ke dalam tabel.Penelitian ini menggunakan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji-t pada tingkat keyakinan 90 persen diketahui bahwa kurs dan suku bunga berpengaruh signifikan terhadap IHSG, sedangkan inflasi tidak bepengaruh signifikan terhadap IHSG. Nilai determinasi (adj R2) sebesar 0,605 memiliki arti bahwa kurs, suku bunga, dan inflasi mampu menjelaskan perubahan variabel IHSG sebesar 60,50 persen, sedangkan sisanya (39,50 persen) dijelaskan oleh variabel lain di luar model penelitian ini. Jika variabel kurs, suku bunga, dan inflasi diasumsikan sama dengan nol (0), maka nilai IHSG sebesar sebesar 10.672,167 poin. Jika nilai tukar rupiah melemah terhadap dolar Amerika sebesar I poin maka akan menurunkan nilai IHSG sebesar 0,664 poin dengan asumsi variabel suku bunga dan inflasi serta variabel di luar model ini tetap. Peningkatan suku bunga sebesar 1 persen maka akan menurunkan nilai IHSG sebesar 256,00 poin dengan asumsi kurs, inflasi dan variabel lain di luar model ini tetap. Pemerintah harus mampu menjaga stabilitas nilai tukar rupiah dan terus berupaya menguatkan nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing khususnya dolar Amerika sehingga mampu menciptakan pasar modal yang menguntungkan bagi dunia permodalan Indonesia. Bank. Indonesia selaku pemegang otoritas moneter harus mampu menetapkan suku bunga yang dapat meningkatkan pasar modal Indonesia. Penetapan BI rate harus mempertimbangkan respon dari pasar modal sehingga kebijakan BI rate mampu menjadi stimulus perbaikan pasar modal Indonesia Kata kunci : IHSG, Suku bunga, Inflasi, Nilai tukar.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH SUKU BUNGA, INFLASI DAN NILAI TUKAR TERHADAP IHSG (FERI ANDI, 2020)

PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA SERTIFIKAT BANK INDONESIA, KURS RUPIAH, DAN INFLASI TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN (STUDI KASUS PADA INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2008-2012) (Khairul Amni, 2014)

IDENTIFIKASI PENYEBAB KRISIS MONETER DAN KEBIJAKAN BANK SENTRAL DI INDONESIA: KASUS KRISIS TAHUN(1997-1998 DAN 2008) (Putri Keumala Sari, 2016)

PENGARUH VARIABEL EKONOMI MAKRO TERHADAP KREDIT BERMASALAH PADA BANK KONVENSIONAL DI INDONESIA (RAHMA HARIANTI, 2018)

PENGARUH NILAI TUKAR RUPIAH-USD, SUKU BUNGA SBI, DAN INFLASI TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG TERGABUNG DALAM INDEKS LQ 45 DI BURSA EFEK INDONESIA (PERIODE 2010-2013) (Farazilla Umaira, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy