//

KLASIFIKASI SEVERITY SCORING PENYAKIT KULIT DERMATITIS ATOPIK MENGGUNAKAN MULTI-CLASS SVM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rivansyah Suhendra - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penentuan severity scoring pada penyakit kulit dermatitis atopik merupakan tahap yang penting dalam penanganan pasien penyakit kulit dermatitis atopik. Penanganan dan terapi yang optimal dapat diberikan kepada pasien berdasarkan penentuan severity score oleh dokter kulit. Secara umum, dokter kulit melakukan inspeksi secara visual dalam pengambilan keputusan tingkat severity score penyakit kulit dermatitis atopik. Penentuan tingkat severity score secara manual oleh dokter kulit saat ini bersifat subjektif dan tidak optimal. Oleh karena itu, diperlukan sebuah sistem yang dapat melakukan klasifikasi tingkat severity score pada penyakit kulit dermatitis atopik secara otomatis dan objektif. Penelitian ini menerapkan pendekatan Multi-Class Support Vector Machine (SVM) dalam klasifikasi tingkat severity score secara objektif menggunakan fitur warna, tekstur, dan kemerahan pada citra penyakit kulit dermatitis atopik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fitur kemerahan memiliki indikasi yang signifikan dalam mengelompokkan data citra penyakit kulit dermatitis atopik. Pemanfaatan data sintesis yang dihasilkan oleh metode Synthetic Minority Over-sampling Technique (SMOTE) dapat meningkatkan performa model secara signifikan. Konfigurasi classifier Multi-Class SVM yang paling optimal telah dihasilkan dengan akurasi keseluruhan yang dicapai sebesar 92% dan Multi-Class SVM berhasil mengklasifikasikan tingkat severity score pada penyakit kulit dermatitis atopik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN TINGKAT KEPARAHAN DENGAN KUALITAS HIDUP PENDERITA DERMATITIS ATOPIKRNHUBUNGAN TINGKAT KEPARAHAN DENGAN KUALITAS HIDUP PENDERITA DERMATITIS ATOPIK (Putri Hartati, 2015)

PERBEDAAN PEMBERIAN ASI EKSLUSIF DAN ASI NON EKSKLUSIF DENGAN KEJADIAN DERMATITIS ATOPIK PADA BALITA DI RSUDZA BANDA ACEH (FEBBY MUTIA SAFIRA, 2021)

HUBUNGAN PEMBERIAN SUSU SAPI TERHADAP KEJADIAN DERMATITIS ATOPIK PADA BAYI ATOPI DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Riean Aulia, 2015)

GAMBARAN KONSUMSI MAKANAN IBU MENYUSUI TERHADAP TIMBULNYA GEJALA AWAL ALLERGIC MARCH PADA BAYI ATOPI SAAT BERUSIA 0-6 BULAN DI KOTA BANDA ACEH (Nurfarahin, 2014)

HUBUNGAN PERILAKU DENGAN FREKUENSI KEJADIANDERMATITISKONTAK DI POLIKLINIK KULIT DAN KELAMIN RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Nisrina Hanif, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy