//

ANALISIS PERMINTAAN BERAS DI KABUPATEN PIDIE JAYA (PENDEKATAN MODEL PERMINTAAN HAMPIR IDEAL)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang JULI ARDIANSYAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak peningkatan pendapatan, jumlah anggota keluarga, dan harga beras terhadap permintaan beras, serta untuk mengetahui perilaku rumah tangga dalam mengkonsumsi beras menurut strata pendapatan di Kabupaten Pidie Jaya. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Pengambilan sampel dilakukan secara sengaja (purposive random sampling). Responden penelitian ini adalah kepala keluarga di Kecamatan Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya yang berjumlah 138 kepala keluarga. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model AIDS (Almost Ideal Demand System). Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil bahwa masing- masing variabel bebas (pendapatan, jumlah anggota keluarga, dan harga beras) tidak berpengaruh terhadap variabel terikat (permintaan beras) atau terdapat hubungan yang tidak signifikan secara statistik. Berdasarkan hasil ini, peranan beras dalam pola konsumsi rumahtangga mengindikasikan bahwa diperlukannya intervensi kebijakan pemerintah dalam menjamin tersedianya pangan dan nutrisi dalam jumlah dan mutu yang dibutuhkan pada tingkat barga yang terjangkau dengan memperhatikan peningkatan pendapatan masyarakat. Terpenuhinya kebutuhan pangan baik secara kualitas maupun kuantitas adalah hal yang sangat penting sebagai landasan pembangunan manusia seutuhnya dalam jangka panjang dan merupakan modal penting dalam pembangunan nasional. Kata Kunci : Permintaan Beras, Pendapatan, Jumlah Anggota Keluarga, Harga Beras, AIDS

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PERMINTAAN BERAS DI KABUPATEN PIDIE JAYA (PENDEKATAN MODEL PERMINTAAN HAMPIR IDEAL) (JULI ARDIANSYAH, 2020)

PERMINTAAN MASYARAKAT TERHADAP BARANG KEBUTUHAN POKOK PENYUMBANG INFLASI DI KOTA BANDA ACEH (FEBRI ALHAFIDHULLAH, 2015)

ANALISIS PERMINTAAN DAN PERKIRAAN KEBUTUHAN KONSUMSI BERAS RAMOS DI KABUPATEN ACEH TIMUR (Ulya Fahmiza, 2021)

ANALISIS ELASTISITAS PERMINTAAN BERAS DI PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM (Ida Yusriani, 2021)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN BERAS KETAN DI PASAR INDUK LAMBARO KABUPATEN ACEH BESAR (Dewi Rahmalia Ningsih, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy