SUPERVISI PENGAJARAN OLEH KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA SMP NEGERI 15 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

SUPERVISI PENGAJARAN OLEH KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA SMP NEGERI 15 BANDA ACEH


Pengarang

YUSNILAWATI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1109200050081

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104

Subject
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Pasca Sarjana., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.200 92

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

SUPERVISI PENGAJARAN OLEH KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA SMP NEGERI 15
BANDA ACEH


Oleh : Yusnilawati
Nim : 1109200500

Komisi Pembimbing:
1. Prof. Dr. Yusrizal, M.Pd.
2. Dr. Djailani, M.Pd.


ABSTRAK
Supervisi pengajaran adalah salah satu usaha untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar secara efektif.Supervisi pengajaran yang efektif dapat meningkatkan kinerja guru yang mampu memberi pengaruh besar bagi peningkatan mutu pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui program supervisi pengajaran, pelaksanaan supervisi pengajaran dan kendala yang menghambat pelaksanaan supervisi pengajaran oleh kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Program supervisi pengajaran disusun pada awal tahun ajaran baru yang dilaksanakan dengan menggunakan teknik individual yang terdiri dari observasi kelas, kunjungan kelas, dan teknik kelompok melalui rapat staff, bimbingan senior, serta pelatihan, hasil supervisi ini dapat dilihat pada instrumen supervisi standar proses yang telah diisi untuk setiap guru; (2) Pelaksanaan supervisi pengajaran dengan memeriksa kelengkapan dokumen pembelajaran dengan melakukan observasi kelas tanpa pemberitahuan kepada guru untuk melihat kemampuan guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara langsung; (3) Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan supervisi pengajaran adalah masih kurangnya fasilitas pendukung termasuk buku belajar dan anggaran agar kegiatan belajar mengajar di sekolah lebih efektif dan efisien.

Kata Kunci: Supervisi Pengajaran dan Kinerja Guru

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK