//

FAKTOR-FAKTOR SOSIAL EKONOMI YANG MEMPENGARUHI PEREMPUAN BEKERJA DI KOTA BANDA ACEH (STUDI KASUS PADA USAHA MENJAHIT DI KECAMATAN SYIAH KUALA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Chahayu Astina - Personal Name

Abstrak/Catatan

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor sosial ekonomi yang mempengaruhi perempuan bekerja khususnya perempuan yang bekerja pada usaha jasa menjahit di Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh. Ruang lingkup penelitian ini adalah dibatasi hanya pada perempuan penjahit yang telah berkeluarga. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh pada bulan Mei tahun 2010. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui wawancara dengan 46 perempuan penjahit. Penelitian ini juga menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Banda Aceh sebagai data penunjang dalam penelitian. Data dianalisis secara deskriptif dengan menjelaskan fenomena-fenomena dari variabel-variabel yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan faktor sosial ekonomi keluarga perempuan penjahit yang mempengarubi keberadaan perempuan penjahit untuk bekerja Faktor pendapatan suami yang tidak mencukupi seluruh kebutuhan keluarga mempengaruhi 92,68 persen responden untuk bekerja. 93,48 persen responden bekerja dimotivasi oleb keberadaan anak mereka yang bersekolah. 10,83 persen dari responden berstatus janda otomatis mereka bertanggung jawab sebagai kepala keluarga untuk bekerja guna memenuhi kebutuhan-kebutuhan keluarganya dan 7,32 persen responden bekerja dimotivasi oleh keinginannya memiliki pendapatan sendiri yang mendapat dukungan dari keluarga. Di harapkan adanya penanganan yang serius terhadap perkembangan jumlah penduduk perempuan. Dengan cara mendorong pertumbuhan kesernpatan kerja yang lebih banyak membutuhkan tenaga kerja perempuan. Kata kunci: Pendapatan, Anak dan Status.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERAN WIRAUSAHA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (STUDI KASUS USAHA PENJAHIT PEREMPUAN DI MUKIM LHOKNGA) (NURUL LATIFAH, 2018)

ANALISIS PENGARUH MODAL DAN VOLUME USAHA TERHADAP SISA HASIL USAHA (SHU) KOPERASI DI KOTA BANDA ACEH (STUDI KASUS KECAMATAN BAITURRAHMAN) (ANDRI AULIA, 2020)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI CURAHAN JAM KERJA PEREMPUAN DALAM PASAR KERJA DIKOTA BANDA ACEH (STUDI KASUS PADA PEGAWAI NEGERI SIPIL) (BADRINAWATI, 2020)

DINAMIKA USAHA TEMPE CAP BUNGA MAWAR DI GAMPONG UTEUN BAYI KECAMATAN BANDA SAKTI KOTA LHOKSEUMAWE, 1995-2016 (Lisa Ariani, 2017)

DINAMIKA USAHA TEMPE CAP BUNGA MAWAR DI GAMPONG UTEUN BAYI KECAMATAN BANDA SAKTI KOTA LHOKSEUMAWE, 1995-2016 (Rifa Putri Nadia, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy