//

KETERLAMBATAN PENGEMBALIAN PEMBIAYAAN PADA BAITUL QIRADH DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Risty Roza Anggreini - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengembalian pembiayaan (kredit) para debitur dan faktor-faktor yang menjadi penyebab keterlambatan pengembalian pembiayaan (kredit) pada Baitul Qiradh di Kota Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan pada Baitul Qiradh Baiturrahman dan Cempaka Kota Banda Aceh yang dipilih secara Purposive Sampling. Ruang lingkup penelitian ini hanya terbatas pada tingkat pengembalian pembiayaan para debitur dan faktor-faktor yang menjadi penyebab keterlambatan pengembalian pembiayaan pada Baitul Qiradh Baiturrahman dan BaituJ Qiradh Cempaka di Kota Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan melalui metode survei dengan pembagian angket kuisioner dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif melalui analisis deskriptif. Jumlah populasi yang terwakili dalam penelitian ini berjumlah 389 debitur, terdiri dari debitur dengan pengembalian (kredit) macet, diragukan dan kurang lancar dengan jumlah sampel 80 orang berdasarkan pada metode Slovin. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pengembalian pernbiayaan sangat tinggi, yaitu sebesar 70,56 persen, hanya sebagian kecil debitur yang tergolong menunggak yaitu sebesar 29,44 persen. Kemampuan debitur baik dalam pengembalian kredit dan ketidak mampuan debitur dalam pengembalian kredit terkait beberapa faktor, diantaranya karakteristik debitur, kapasistas atau kemampuan debitur, kapital atau modal awal debitur, kondisi pasar dan koleteraJ atau jaminan.Penyebab keterlambatan pengembalian pembiayaan oleh debitur di karenakan usahanya mengalami penurunan sebanyak 41,25 persen, terpakainya dana untuk kebutuhan hidup sehari-hari sebesar 42,50 persen dan menggunakan pembiayaan untuk menutupi pinjaman yang telah ada sebelumnya sebesar 16,25 persen.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROSEDUR PEMBERIAN PEMBIAYAAN PADA BAITUL QIRADH BAITURRAHMAN CABANG ULEE KARENG (NAURATUS SAFRAH, 2018)

ANALISIS PERKEMBANGAN STRUKTUR MODAL (STUDI KASUS PADA BQ CUT NYAK DHIEN PEUNAYONG BANDA ACEH) (FAISAL MASRI, 2020)

PERANAN LEMBAGA KEUANGAN SYARIABBAITUL QIRADH CEMPAKA AL-MUKARRAMAH TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN PEDAGANG DI KECAMATAN KUTARAJA KOTA BANDA ACEH (MERI, 2021)

PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN SYARIAH PADA KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH (STUDI PADA BAITUL QIRADH DI KOTA BANDA ACEH) PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN SYARIAH PADA KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH (STUDI PADA BAITUL QIRADH DI KOTA BANDA ACEH) (Amrul Ikhsan, 2017)

PERANAN LEMBAGA KEUANGAN MIKRO BAITUL QIRADH DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS USAHA INFORMAL DI BANDA ACEH (Richi Jurizal, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy