//

TINGKAT KESEJAHTERAAN INDIVIDU GAJAH SUMATERA (ELEPHAS MAXIMUS SUMATRANUS) BERDASARKAN PERILAKU DENGAN MENGGUNAKAN WELFARE ASSESSMENT TOOL DI CRU SAMPOINIET KABUPATEN ACEH JAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dinda Humeyra - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Humeyra, Dinda. 2020. Tingkat Kesejahteraan Individu Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) Berdasarkan Perilaku dengan Menggunakan Welfare Assessment Tool di CRU Sampoiniet Kabupaten Aceh Jaya. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Abdullah, M.Si., (2) Mimie Saputri, M.EEL. Kata Kunci: tingkat kesejahteraan, gajah sumatera, welfare assesment tool, CRU Sampoiniet Status Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) saat ini sudah terancam punah dan merupakan satwa endemik Sumatera yang harus dilindungi. CRU Sampoiniet Kabupaten Aceh Jaya sebagai salah satu unit konservasi ex-situ gajah memerlukan adanya evaluasi terhadap kualitas perilaku gajah di dalamnya. Evaluasi menggunakan instrumen penilaian kesejahteraan gajah terbaru yaitu Welfare Assessment Tool, yang fokus pada tingkat individu dan memiliki keunggulan; cepat untuk diselesaikan, bersifat non-invasif, serta tidak memerlukan peralatan atau fasilitas khusus. Pengumpulan data dilakukan pada Maret 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesejahteraan individu Gajah Sumatera di CRU Sampoiniet berdasarkan perilaku menggunakan Welfare Assessment Tool. Metode yang digunakan yaitu Focal Animal Sampling dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan spreadsheet dari instrumen yang telah dirumuskan, skor hasil perhitungan dengan menggunakan spreadsheet tersebut kemudian dikategorikan menjadi tiga kategori menggunakan Rumus Kriteria Kategorisasi Skor yaitu kategori kesejahteraan yang rendah, kesejahteraan sedang, dan kesejahteraan tinggi. Hasil penelitian menunjukkan nilai kesejahteraan individu Gajah Aziz adalah 81 (kategori sedang), sedangkan tingkat kesejahteraan Gajah Olo yang sedang dalam masa birahi menunjukkan nilai kesejahteraan 34 (kategori rendah), nilai kesejahteraan Gajah Isabela adalah 67 dan Gajah Johana adalah 69 (keduanya termasuk kategori kesejahteraan sedang).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI TINGKAT KESEJAHTERAAN DAN POLA PENGASUHAN GAJAH SUMATERA (ELEPHAS MAXIMUS SUMATRANUS) DI CONSERVATION RESPON UNIT SAMPOINIET KABUPATEN ACEH JAYA (NUR CHADIJAH, 2018)

PEMERIKSAAN KEBERADAAN TELUR DAN LARVA NEMATODA PASCA PEMBERIAN ANTHELMINTIK PADA GAJAH SUMATERA (ELEPHAS MAXIMUS SUMATRANUS) DI CONSERVATION RESPONSE UNIT (CRU) SAMPOINIET ACEH JAYA (Syafriza Harlianda, 2017)

PROFIL DARAH GAJAH SUMATERA ( ELEPHAS MAXIMUS SUMATRANUS ) DI CONSERVATION RESPONSE UNIT (CRU) SAMPOINIET ACEH JAYA (Fina Fadiah, 2017)

ANALISIS TINGKAT RISIKO DAN MITIGASI KONFLIK GAJAH SUMATERA (ELEPHAS MAXIMUS SUMATRANUS) DENGAN MANUSIA DI SUBULUSSALAM PROVINSI ACEH (SITI WARDANA, 2020)

PREVALENSI NEMATODA GASTROINTESTINAL PADA FESES GAJAH SUMATERA (ELEPHAS MAXIMUS SUMATRANUS) DI PUSAT KONSERVASI GAJAH (PKG) SAREE KABUPATEN ACEH BESAR (ZAKIYATURRIDHA, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy