STRUKTUR PASAR INDUSTRI PERBANKAN DI INDONESIA SUATU KASUS MONOPOLISTIC COMPETITION (PERSAINGAN MONOPLISTIK) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

STRUKTUR PASAR INDUSTRI PERBANKAN DI INDONESIA SUATU KASUS MONOPOLISTIC COMPETITION (PERSAINGAN MONOPLISTIK)


Pengarang

VIVI SUMARNI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0701101010001

Fakultas & Prodi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Ekonomi Pembangunan (S1) / PDDIKTI : 60201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis struktur pasar industri perbankan di Indonesia suatu kasus persaingan monopolistik. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini menggunakan data sekunder. Penelitian ini dilakukan terhadap 7 bank umum yang berpengaruh pada perekonomian Indonesia selama 8 tahuun (2004-2011). Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model regresi linear berganda Koefisien estirnasi untuk total pendapatan aset-aset dalam dummy antar bank adalah sebesar 1.0573 artinya apabila jumlah variabel bebas (pendapatan bunga, kredit macet) sama dengan nol maka tingkat beban bunga yang dihasilkan perbankan Indonesia adalab 1.0573. (jika total pendapatan aset-aset meningkat satu satuan maka tingkat beban bunga akan berubah 1.0573 satuan ). Koefisiensi estimasi untuk pendapatan bunga dummy antar bank adalah sebesar 1.2248 artinya apabila jumlah pandapatan bunga meningkat satu persen maka akan menyebabkan tingkat beban bunga meningkat sebesar 1.2248 persen dengan asumsi variabel lainnya dianggap tetap. Koefisiensi estimasi untuk tingkat kredit macet dummy antar bank adalah 0.78868 artinya apabila jumlah kredit meningkat satu satuan maka akan menyebabkan tingkat beban bunga meningkat sebesar 0. 78868 dengan asumsi variabel lainnya dianggap tetap. Koefisien estimasi untuk variabel beban bunga dan personal dummy time adalah 0.39385, yang artinya apabila jika terjadi setiap perubahan dalarn satu unit pendapatan bunga (Ri) maka akan menambah jumlah beban bunga dan personal (Ci) sebesar 0.39385. Koefisien estimasi untuk pendapatan bunga/total pendapatan aset (pi) dummy time adalah -0.20807 yang artinya apabila terjadi setiap perubah dalarn satu unit pendapatan bunga (Ri) rnaka akan jumlah beban bunga/total pendapatan aset mengalami penurunan sebesar -0.20807.


Kata kunci: persaingan monopolistik, struktur pasar, uji dummy.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK