//

HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PERILAKU DELINKUEN PADA REMAJA LAKI-LAKI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 BANDA ACEH TAHUN 2013

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RUZWAR WAHYUDI - Personal Name
SubjectEMOTIONS-HUMAN PHYSIOLOGY
DELINKUEN BEHAVIOR
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEDOKTERAN PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN SKRIPSI 18 Juni 2013 xvi Halaman + VI Bab + 90 Halaman + 14 Tabel + 1 Skema + 20 Lampiran RUZWAR WAHYUDI 0907101020093 Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Perilaku Delinkuen Pada Remaja Laki-Laki Di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Banda Aceh Tahun 2013 ABSTRAK Pada tahun 2011, di Indonesia tercatat 399 kasus tawuran yang menewaskan 82 orang. Kenakalan remaja (perilaku delinkuen) merupakan perilaku remaja yang melanggar hukum yang apabila dilakukan oleh orang dewasa termasuk kategori kejahatan. Kenakalan remaja ini terkait pada kemampuan remaja dalam mengelola emosi atau yamg dikenal dengan kecerdasan emosional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara kecerdasan emosional dengan perilaku delinkuen pada remaja laki-laki di SMAN 2 Banda Aceh. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif korelatif, menggunakan teknik probability sampling dengan metode random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 68 responden. Pengumpulan data dilakukan tanggal 13-14 Juni 2013. Alat pengumpulan data berupa kuesioner dalam bentuk skala likert yang terdiri dari 46 pernyataan. Analisa data dilakukan dengan uji Chi-Square. Hasil penelitian, terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan perilaku delinkuen pada remaja laki-laki (p-value 0,000), mengenali emosi diri (p-value 0,000), mengelola emosi (p-value 0,000), memotivasi diri (p-value 0,013), mengenali emosi orang lain (p-value 0,000) dan membina hubungan (p-value 0,000). Disarankan kepada institusi pendidikan sekolah agar dapat mengembangkan kemampuan kecerdasan emosional yang kurang pada siswa agar dapat menjaga hubungan baik dan mengatasi kecenderungan terjadinya perilaku delinkuen pada remaja serta mengikutsertakan orangtua dengan membuat pertemuan secara berkala untuk memantau perkembangan remaja. Kata kunci : Kecerdasan Emosional, Perilaku Delinkuen, Remaja, Laki-Laki Daftar pustaka : 34 buku, 25 skripsi/jurnal, 7 bahan internet (1998-2012)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PERILAKU MEROKOK DENGAN KECERDASANN EMOSIONAL PADA REMAJA DI SMA NEGERI 15 ADIDARMA BANDA ACEH (ADE ARRAYYAN IBRAHIM, 2018)

HUBUNGAN ANTARA BULLYING DENGAN KESEHATAN MENTAL PADA REMAJA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI BANDA ACEH (FIRSTA FAIZAH, 2016)

HUBUNGAN TINGKAT STRES DENGAN PERILAKU MEROKOK PADA REMAJA LAKI-LAKI DI SMA NEGERI 5 KOTA BANDA ACEH (Eka Safitri , 2016)

HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DENGAN KESEHATAN MENTAL PADA REMAJA SEKOLAH MENENGAH TINGKAT ATAS DI BANDA ACEH (Nuzul Mela Lestari, 2016)

PERBEDAAN KECERDASAN EMOSIONAL ANTARA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI (SDN) DENGAN SISWA SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) DI KOTA BANDA ACEH (DEVI MURNIANTI, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy