//

PENGARUH JUMLAH UANG BEREDAR DAN SUKU BUNGA DEPOSITO TERHADAP PENGALOKASIAN DANA KREDIT BANK UMUM PEMERINTAH DI INDONESIA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUSRITA DWI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh jumlah uang beredar dan suku bunga deposito terhadap pengalokasian dana kredit bank umum pemerintah di Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari berbagai instansi terkait. Penelitian ini menggunakan model analisis dengan Metode Two Stage Least Squares. Tujuan dari model ini adalah untuk melihat dan menganalisa pengaruh jumlah uang beredar terhadap suku bunga deposito dan selanjutnya bagaimana pengaruh suku bunga deposito dalam pengalokasian dana kredit bank umum pemerintah di Indonesia. Berdasarkan dari hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa jumlah uang beredar mempunyai pengaruh positif terhadap pengalokasian dana kredit bank umum pemerintah di Indonesia selama periode 1993-2009. Sebaliknya suku bunga deposito memiliki pengaruh negatif dalam pengalokasian dana kredit bank umum pemerintah di Indonesia Hal ini sesuai dengan teori bahwa bila suku bunga meningkat, biaya pinjaman juga akan meningkat dan akibatnya jumlah dana kredit yang diminta dalam sistem keuangan akan menurun. Implikasi dari penelitian ini adalah diharapkan pihak perbankan dapat mengoptimalkan fungsi intermediasi dengan penyaluran kredit dan bijaksana dalam penentuan tingkat bunga. Kestabilan jumlah uang beredar dan suku bunga juga perlu mendapat perhatian yang besar dari pemerintah, khususnya Bank Indonesia

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT SUKU BUNGA KREDIT INVESTASI DAN KREDIT MODAL KERJA DI INDONESIA (Budi Rahmana Ikhsan, 2020)

MEKANISME TRANSMISI KEBIJAKAN MONETER MELALUI JALUR SUKU BUNGA DALAM PENGENDALIAN INFLASI DI INDONESIA (Mishbahul Umam, 2016)

PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA SERTIFIKAT BANK INDONESIA TERHADAP JUMLAH UANG BEREDAR DI INDONESIA (RAHMAD RAMADHAN, 2021)

PENGARUH SUKU BUNGA BANK INDONESIA TERHADAP PERMINTAAN KREDIT INVESTASI DI INDONESIA (DESI FARTIKA, 2021)

KAJIAN JUMLAH UANG KUASI DI INDONESIA (ALFIANA, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy