//

KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DENGAN MENGGUNAKAN INSTRUMEN TWO-TIER MULTIPLE CHOICE PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA LABORATORIUM UNIVERSITAS SYIAH KUALA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ainil Mastura - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Mastura, Ainil. 2020 Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal High Order Thinking Skills (HOTS) dengan Menggunakan Instrumen Two-Tier Multiple Choice Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Laboratorium Universitas Syiah Kuala. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Ruaida, M.Si. (2) Dr. Irsyadillah, M.Sc. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Two-Tier Multiple choice, Materi Inflasi dan Indeks Harga Berpikir tingkat tinggi (HOTS) adalah cara berpikir yang dapat menyelesaikan dan menemukan solusi yang tepat dari setiap masalah dengan kritis, analisis serta memiliki alasan di setiap jawaban yang diutarakan secara logis dan sistematis. Kurangnya siswa berkemampuan HOTS disebabkan tidak pahamnya mereka terhadap beberapa materi dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari hal sehingga banyak siswa menganggap sulit dalam menyelesaikan soal-soal ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menjawab soal - soal HOTS dengan menggunakan instrumen Two-tier Multiple Choice pada tingkatan soal C4, C5 dan C6 pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Laboratorium Universitas Syiah Kuala. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Laboratorium Universitas Syiah Kuala sebanyak 71 sampel. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan tes, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase tertinggi siswa SMA Laboratorium Universitas Syiah Kuala menjawab dengan benar yaitu pada soal C4 sebanyak 49%. Pada butir soal dengan ranah kognitif C5 siswa kesulitan mengidentifikasi jawaban yang benar karena tidak memahami konsep dengan baik, jumlah rata-rata presentase siswa tidak memahami konsep ini mencapai 43%, tingkat miskonsepsi dan menebak tertinggi pada butir soal ranah kognitif C6 dengan jumlah rata-rata masing -masing sebanyak 32% dan 12%.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS SOAL UJIAN SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN FISIKA KELAS XII DI SMA NEGERI SE - KABUPATEN ACEH TENGAH BERDASARKAN KARAKTERISTIK SOAL HOTS (Rona Aprilia, 2020)

KEMAMPUAN SISWA SMP SE-KOTA BANDA ACEH DALAM MENJAWAB SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA (CUT NADIA SAHIRA, 2019)

ANALISIS HOTS MENGGUNAKAN TWO-TIER MULTIPLE CHOICE PADA MATERI GERAK SISWA KELAS XI MIA DI SMA NEGERI 1 DARUL IMARAH (Nanda Riasuryani, 2019)

ANALISIS VALIDITAS, RELIABILITAS DAN TINGKAT KESUKARAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) BUATAN GURU FISIKA SMA NEGERI 1 GANDAPURA (M. Agus Siddiq, 2019)

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS FISIKA DI SMA NEGERI UNGGUL SIGLI (FIDA MAULIZA, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy