//

PERBANDINGAN PENERAPAN PELAYANAN KESEHATAN SEKOLAH PADA INSTITUSI PENDIDIKAN MENENGAH ATAS DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang BAZLIA HUSNA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Sekolah berperan penting dalam membentuk gaya hidup sehat pada anak dan remaja, salah satunya melalui peningkatan pelayanan kesehatan sekolah seperti Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren). Tingginya perilaku berisiko dan masalah kesehatan pada remaja menunjukkan belum memadainya pelaksanaan promosi kesehatan dan pendidikan kesehatan di sekolah, khususnya di tingkat pendidikan menengah atas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan penerapan pelayanan kesehatan sekolah pada institusi pendidikan menengah atas di Kota Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional yang melibatkan 27 unit pelayanan kesehatan sekolah dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode self-reported menggunakan kuesioner yang telah dimodifikasi dari School Health Index yang mengukur komponen School Health Service. Hasil analisa data dengan uji chi-square menunjukkan bahwa 16 dari 22 sekolah tanpa asrama (59,3%) telah menerapkan pelayanan kesehatan sekolah yang baik, demikian juga 4 dari 5 sekolah asrama (14,8%). Namun demikian, tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam penerapan pelayanan kesehatan sekolah pada sekolah dengan tipe asrama dan tanpa asrama di Kota Banda Aceh (p = 1,000). Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa pengembangan program atau intervensi lebih lanjut untuk meningkatkan pelayanan kesehatan sekolah pada sekolah bertipe asrama dan tanpa asrama dapat dilakukan dengan program yang seragam. Untuk itu, perawat komunitas dapat berkolaborasi dengan pihak terkait, seperti Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, dan Kantor Kementrian Agama, untuk merancang, mengimplementasikan, dan memonitor program pengembangan pelayanan kesehatan sekolah yang berkelanjutan dan dapat diterapkan di sekolah bertipe asrama dan tanpa asrama di Kota Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SEKOLAH (SUATU PENELITIAN TENTANG PENGGUNAAN SILABUS DI SEKOLAH MENENGAH ATAS SE-KOTA BANDA ACEH) (ZIAUL FAHMI, 2019)

KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA BANDA ACEH (Aisarah Silma, 2019)

PENGARUH KARAKTERISTIK PENGELOLA KEUANGAN SEKOLAH, TRANSPARANSI DAN PENGALAMAN TERHADAP EFEKTIVITAS PENGELOLAAN KEUANGAN PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS DAN SEDERAJAT DI KOTA BANDA ACEH (STUDI PADA SMA, MA DAN SMK NEGERI SE-KOTA BANDA ACEH) (TRIYANA KEUMALA SARI, 2018)

HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DENGAN KESEHATAN MENTAL PADA REMAJA SEKOLAH MENENGAH TINGKAT ATAS DI BANDA ACEH (Nuzul Mela Lestari, 2016)

PERSEPSI REMAJA SEKOLAH MENENGAH ATAS TERHADAP SIARAN RADIO GELOMBANG FM DI KOTA BANDA ACEH (Cut Anita Soraya, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy