//

PENERAPAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL SISWA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Irma Yani - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
COUNSELING-EDUCATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Kata kunci: Layanan Konseling Kelompok dan Kemampuan Sosial Layanan konseling kelompok merupakan salah satu program dalam sistem pendidikan di sekolah yang dapat membantu mengatasi kesulitan-kesulitan yang dialami oleh siswa. Layanan konseling kelompok dilaksanakan sebagai suatu cara untuk memudahkan terwujudnya perubahan-perubahan tingkah laku individu atau siswa menuju ke arah yang lebih baik, serta mengenal dan menerima secara positif setiap kekuatan dan kelemahan pada dirinya sendiri, oleh karena itu layanan ini diharapkan mampu menunjang proses perkembangan kemampuan sosial siswa dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan tahapan layanan konseling kelompok dalam mengembangkan kemampuan sosial siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru bimbingan konseling SMA Negeri se-Kota Banda Aceh yang berjumlah 36 orang guru bimbingan konseling. Penentuan sampel dalam penelitian ini adalah metode sampling jenuh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan rumus deskriptif persentase. Adapun variabel dari penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu penerapan layanan konseling kelompok dan kemampuan sosial. Metode pengambilan data menggunakan Sekala Guttman (ya dan tidak). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, penerapan layanan konseling kelompok dalam mengembangkan kemampuan sosial siswa pada sekolah SMA Negeri se-Kota Banda Aceh ada di terapkan. Hal ini dapat dilihat bahwa (77.2%) penerapan layanan konseling kelompok yang telah dilaksanakan dan (83.33%) guru BK yang sudah berhasil membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan sosial.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MEDIA KARTU LAYANAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP PENGENTASAN MASALAH SISWA DI SMA NEGERI 4 BANDA ACEH (KHAIRUL BARIAH, 2017)

MANAJEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PEMBINAAN SISWA PADA SMA DI KOTA SABANG (YUSRI, 2014)

KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENGELOLAAN PROGRAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP NEGERI 17 KOTA BANDA ACEH (Khairiah, 2016)

PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING OLEH GURU KELAS DI SEKOLAH DASAR NEGERI 02 BANDA ACEH (ANDINI AMELIA MENTARI, 2018)

PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGEMBANGKAN EMPATI SISWA MELALUI TEKNIK PSIKODRAMA (SUATU PENELITIAN PRA-EKSPERIMEN DI SMP NEGERI 6 BANDA ACEH) (SAUFA NIARA, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy