//

HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA REMAJA SEKOLAH ASRAMA DI BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FITRIA MELANI - Personal Name

Abstrak/Catatan

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI 31 Agustus 2020 XVI + VI BAB + 71 halaman + 10 tabel + 1 skema + 20 lampiran FITRIA MELANI 1612101010094 HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA REMAJA SEKOLAH ASRAMA DI BANDA ACEH ABSTRAK Pengetahuan tentang kecerdasan emosional masih sulit ditemukan di masyarakat padahal faktanya kecerdasan emosional dapat mempengaruhi keberhasilan di masyarakat sebanyak 80%. Kecerdasan emosional merupakan suatu hal yang penting bagi remaja, remaja dengan kecerdasan emosional yang rendah cenderung tidak mampu mengembangkan emosinya dan akan mengganggu proses pembelajaran di sekolah serta mudah melakukan tindakan penyimpangan sehingga mengganggu masa depannya. Peran orangtua sangat dibutuhkan dalam setiap tahap perkembangan terutama pada masa remaja. Peran orangtua dalam menjalankan pola asuh untuk mengarahkan setiap emosi remaja diharapkan dapat mengembangkan kecerdasan emosional yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hubungan antara pola asuh orangtua dengan kecerdasan emosional pada remaja sekolah asrama di Banda Aceh. Jenis penelitian adalah descriptive correlative dengan desain cross sectional study. Sampel pada penelitian ini berjumlah 50 orang siswa di SMA Negeri 10 Fajar Harapan Banda Aceh dengan metode quota sampling. Penelitian ini menggunakan kuesioner online berupa google form yang berisi data demografi, kuesioner Parental Authority Questionare (PAQ) dan Schutte Emotional Intelligence Scale (SEIS). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa jenis pola asuh yang paling dominan yaitu pola asuh demokratis (84,0%) dan kecerdasan emosional remaja mayoritas pada kategori tinggi (94,0%). Hasil analisa data statistik dengan p value 0,05 yang menunjukkan tidak terdapat hubungan antara pola asuh orangtua dengan kecerdasan emosional remaja (p-value = 0,063). Peneliti menyarankan bagi para orangtua diharapkan dapat menerapkan jenis pola asuh sesuai dengan situasi dan kebutuhan remaja. Kata kunci : Remaja, Kecerdasan Emosional, Pola Asuh Orangtua

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN POLA ASUH OTORITATIF IBU PEKERJA DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL REMAJA DI GAMPONG PANGO RAYA KECAMATAN ULEE KARENG BANDA ACEH (Hossa Alfizar, 2016)

KONTRIBUSI POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN REMAJA (cut Ernaliza, 2021)

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL REMAJA DI SMA NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN 2014 (Meta Novitarika, 2014)

HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 2 SAMADUA, KABUPATEN ACEH SELATAN (AKHYUL RUQAIYAH, 2019)

HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PERILAKU DELINKUEN PADA REMAJA LAKI-LAKI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 BANDA ACEH TAHUN 2013 (RUZWAR WAHYUDI, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy