//

EFEKTIVITAS PENYULUHAN SADARI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI DI PANTI ASUHAN NIRMALA BANDA ACEH TAHUN 2013

BACA FULL TEXT ABSTRAK Permintaan Versi cetak
Pengarang cut zuhra nurista - Personal Name
SubjectBREAST CANCER - MEDICINE
HEALTH CARE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEDOKTERAN PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN SKRIPSI 30 MEI 2013 VI Bab + 75 halaman + 12 tabel + 1 skema + 19 lampiran CUT ZUHRA NURISTA 0907101020013 EFEKTIVITAS PENYULUHAN SADARI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI DI PANTI ASUHAN NIRMALA BANDA ACEH TAHUN 2013 ABSTRAK Kanker payudara merupakan jenis kanker yang angka kejadiannya paling tinggi di Indonesia. Terdapat 3 metode deteksi dini kanker payudara yaitu pemeriksaan payudara klinis, mammografi, dan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI). SADARI merupakan langkah awal yang penting untuk mengetahui secara dini adanya kelainan pada payudara sehingga dapat mengurangi tingkat kematian karena penyakit tersebut. The American Cancer Society menginformasikan bahwa 85% gangguan ditemukan oleh penderita sendiri melalui pemeriksaan dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengetahuan remaja putri di Panti Asuhan Nirmala Banda Aceh sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan mengenai SADARI. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan rancangan pre – post test one group design. Subjek penelitian adalah remaja putri di Panti Asuhan Nirmala Banda Aceh yang dipilih dengan total sampling dengan sampel sebesar 37 orang. Metode analisa data dengan analisa univariat dan bivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas remaja putri sebelum dilakukan penyuluhan memperoleh nilai E (0-49) sebanyak 81,1% ( =36,48 SD=13,96) dan setelah dilakukan penyuluhan perolehan nilai terbanyak adalah nilai A (85-100) sebanyak 37,8% ( =77,22 SD=12,12). Hasil analisa bivariat menunjukkan terdapat perbedaan pengetahuan remaja putri tentang pemeriksaan payudara sendiri di Panti Asuhan Nirmala Banda Aceh sebelum dan setelah diberikan penyuluhan dengan nilai rerata perbedaan sebesar 40,73 (p=0,000) sehingga penyuluhan efektif meningkatkan pengetahuan remaja putri tentang SADARI. Disarankan kepada pihak panti asuhan bekerjasama dengan instansi terkait untuk menyelenggarakan kegiatan-kegiatan dalam upaya pencegahan kanker payudara dengan berbagai metode yang lebih efektif. Kata kunci : remaja putri, SADARI, kan Daftar bacaan : 32 buku + 2 skripsi + 5 jurnal

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Chat Service LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENGETAHUAN KANKER PAYUDARA DENGAN PERILAKU PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI (SADARI) (, 2015)

GAMBARAN PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG FAKTOR RISIKO KANKER PAYUDARA DAN SADARI (PERIKSA PAYUDARA SENDIRI) DI SMA NEGERI SE-KOTA BANDA ACEH (Dayang Melani, 2016)

EFEKTIVITAS TEKNIK KONSELING SELF MODELING DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PADA REMAJA DI PANTI ASUHAN(SUATU PENELITIAN DI PANTI ASUHAN NIRMALA KOTA BANDA ACEH) (MARWAH ZAKIYATI, 2014)

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG KANKER PAYUDARA DENGAN PERILAKU SADARI DI SMA N 4 BANDA ACEH TAHUN 2012 (Rahmi Muhammad Ali, 2013)

EFEKTIFITAS PENYULUHAN PERAWATAN PAYUDARA PADA IBU HAMIL TRIMESTER III DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KOPELMA DARUSSALAM BANDA ACEH TAHUN 2013 (Rahmita Sari, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy