//

KARAKTERISTIK SPIRITUALITAS PASIEN KANKER DENGAN TINDAKAN KEMOTERAPI DI RUANG RAWAT INAP MAMPLAM III RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2013

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang juwita - Personal Name
SubjectCHEMOTHERAPY
CANCER (HUMAN) - NURSING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

KEMENTRIAN PENDIDIKAN NASIONAL DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEDOKTERAN PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN SKRIPSI Juni 2013 xiv + vi bab + 60 halaman + 7 tabel + 1 skema + 18 lampiran JUWITA NIM. 0907101020034 KARAKTERISTIK SPIRITUALITAS PASIEN KANKER DENGAN TINDAKAN KEMOTERAPI DI RUANG RAWAT INAP MAMPLAM III RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2013 ABSTRAK Sprititualitas adalah keyakinan terhadap sesuatu yang lebih tinggi yang memberikan kekuatan ketika menghadapi stress emosional, penyakit fisik atau kematian. Kanker merupakan salah satu penyakit yang dapat mengganggu kemampuan individu untuk hidup secara normal sehingga menyebabkan kesedihan, kecemasan dan ketakutan pada penderitanya. Oleh karena itu, pasien kanker dapat menggunakan spiritualitas untuk menghadapi penyakitnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik spiritualitas pasien kanker dengan tindakan kemoterapi di ruang rawat inap Mamplam III Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh tahun 2013. Jenis penelitian ini adalah deskriptif eksploratif dengan desain cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik total sampling yaitu sebanyak 56 orang. Tehnik pengumpulan data wawancara terpimpin menggunakan kuesioner dalam bentuk skala Likert dengan 33 item pertanyaan. Hasil penelitian didapatkan spiritualitas pasien kanker dengan tindakan kemoterapi di ruang rawat inap Mamplam III berdasarkan hubungan dengan Tuhan berada pada kategori tinggi (71,4%), berdasarkan hubungan dengan diri sendiri berada pada kategori tinggi (48,2%), berdasarkan hubungan dengan alam berada pada kategori sedang (46,4%) dan berdasarkan hubungan dengan orang lain berada pada kategori tinggi (58,9%). Secara umum karakteristik spiritualitas pasien kanker dengan tindakan kemoterapi di ruang rawat inap Mamplam III Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh tahun 2013 berada pada kategori tinggi (57,1%). Untuk mempertahankan dan meningkatkan spiritualitas pasien kanker dengan tindakan kemoterapi diharapkan profesi keperawatan dapat lebih mengoptimalkan asuhan keperawatan terkait aspek spiritualitas. Kata Kunci : Spiritualitas, pasien kanker, kemoterapi Daftar Bacaan : 16 Buku, 5 Internet, 1 Skripsi, 2 Artikel, 4 Jurnal (2000-2012)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI KOMPARATIF PEMENUHAN SPIRITUAL PASIEN DI RUANG RAWAT INAP PENYAKIT DALAM PRIA DAN WANITA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (RIZATUL HUSNA, 2015)

MOTIVASI PASIEN KANKER PAYUDARA DALAM MELAKUKAN KEMOTERAPI DI RUANG MAMPLAM III BLUD RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2013 (Yulinar, 2014)

GAMBARAN PELAKSANAAN PRINSIP KEAMANAN PEMBERIANRNKEMOTERAPI OLEH PERAWAT PELAKSANA DI RUANGRNRAWAT INAP MAMPLAM III RUMAH SAKITRNUMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDINRNBANDA ACEH TAHUN 2013 (Khalida ulfa Nst, 2014)

HUBUNGAN DUKUNGAN PASANGAN DENGAN KEPATUHAN RNMENJALANI KEMOTERAPI PADA PASIEN KANKER RNDI RUANG MAMPLAM III RUMAH SAKIT UMUM RNDAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Nila Agustina, 2015)

HUBUNGAN SIKLUS KEMOTERAPI DENGAN STATUS GIZI PASIEN KANKER PAYUDARA DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (NATASYA PUTRI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy