FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INFLASI DI INDONESIA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INFLASI DI INDONESIA


Pengarang

Mirza Juwanda - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0801101010045

Fakultas & Prodi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Ekonomi Pembangunan (S1) / PDDIKTI : 60201

Kata Kunci
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala.,

Bahasa

Indonesia

No Classification

332.41

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis pengaruh produk domestik bruto (PDB), suku bunga, jumlah uang beredar dan nilai tukar rupiah terhadap US$ berpengaruh terhadap inflasi di IIndonesia. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diambil dari berbagai instansi yang terkait. Data dimaksud adalah data time series dalam bentuk kwartal selama periode tahun 2003-
2012 (n=40). Peralatan analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan metode ordinary leas, square (OLS). Penelitian menemukan bahwa produk domestik bruto (PDB), jumlah uang beredar dan nilai tukar rupiah terhadap US$ berpengaruh positif terhadap inflasi di Indonesia. Semakin tinggi produk domestik bruto (PDB), semakin banyak jumlah uang beredar dan semakin terdepresiasi nilai tukar rupiah terhadap US$, semakin tinggi tingkat inflasi di Indonesia. Sebaliknya suku bunga berpengaruh negatif terhadap inflasi di Indonesia. Semakin tinggi suku bunga yang dalam hal ini adalah BI rate, semakin rendah tingkat inflasi. Hasil pengujian statistik mengindikasikan bahwa secara simultan dan parsial produk domestik bruto (PDB), suku bunga, jumlah uang beredar dan nilai tukar rupiah terhadap US$ berpengaruh signifikan (nyata) terhadap inflasi di Indonesia Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa inflasi di Indonesia secara nyata ditentukan oleh produk domestik bruto (PDB), suku bunga, jumJah uang beredar dan nilai tukar rupiah terhadap US$. Dalam rangka mengendalikan inflasi di Indonesia, pemerintah dipandang perlu mengendalikan suku bunga acuan, jumlah uang beredar dan nilai tuk:ar rupiah terhadap US$.

Kata Kunci: Inflasi, Produk Domestik Bruto (PDB), Suku Bunga, jumlah Uang
Beredar dan Nilai Tukar Rupiah Terhadap US$







Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK