//

ANALISIS PENGARUH JUMLAH UANG BEREDAR TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA, 1980-2006

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Munawir - Personal Name

Abstrak/Catatan

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh perubahan jumlah uang beredar terhadap pendapatan nasional (pertumbuhan ekonomi). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari Bank Indonesia Cabang Banda Aceh. Dalam menganalisa pengaruh perubahan jumlah uang beredar terhadap perubahan pendapatan nasional (pertumbuhan ekonomi) digunakan pendekatan analisis regresi linier sederhana. Perhitungan dilakukan berdasarkan observasi data seri waktu (time series data). Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa perubahan jumlah uang beredar mempunyai pengaruh yang positif terhadap perubahan pendapatan nasional (pertumbuhan ekonomi). Hal ini dapat dilihat dari besarya nilai koefisien korelasi (R) yang diperoleh sebesar 0,962. Pernyataan tersebut di atas diperkuat lagi dengan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan statistik uji T pada tingkat keyakinan 95 persen, diperoleh T hitung lebih besar dari T tabel. Sedangkan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,9258 menunjukkan bahwa banyaknya proporsi variasi pada produk domestik bruto yang dapat diterangkan oleh jumlah uang beredar adalah sebesar 92,58 persen dan 7 ,42 persen lagi diterangkan oleh faktor lain diluar uang beredar. Hasil perhitungan ini menggambarkan bahwa jumlah uang beredar mempengaruhi pendapatan nasional (pertumbuhan ekonomi) secara signifikan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS JUMLAH UANG BEREDAR DI INDONESIA (Rahmat Tullah, 2020)

PENGARUH INVESTASI DALAM NEGERI DAN JUMLAH UANG BEREDAR TERHADAP PROD UK DOMESTIK BRUTO INDONESIA (FAJRIZAL FITRA, 2021)

ANALISIS STABILITAS PASAR KEUANGAN INDONESIA (NOVAL SUHENDRA, 2017)

PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI, SUKU BUNGA DAN INFLASI TERHADAP PERMINTAAN UANG ELEKTRONIK DI INDONESIA (LIDYANA DINDA, 2021)

ANALISIS INFLASI DI INDONESIA: PERSPEKTIF DINAMIS (Sumarni, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy